Kamis 17 Oktober 2019, 14:33 WIB

87 Pengungsi Wamena Tiba di NTT

Palce Amalo | Nusantara
87 Pengungsi Wamena Tiba di NTT

Antara
Para pengungsi dari Wamena menggunakan kapal meninggalkan Papua menuju Sulawesi Selatan sebagai tempat transit.

 

SEBANYAK 87 pengungsi Wamena, Papua tiba di Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (17/10). Mereka terdiri dari 36 orang asal Manggarai Barat, 30 orang asal Manggarai, dan 21 orang asal Manggarai Timur.

"Kami berharap pemerintah tiga kabupaten mengurus para pengungsi hingga tiba di kampung halaman mereka," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTT Marius Jelamu, Kamis (17/10).

Para pengungsi itu tiba pelabuhan Labuan Bajo, Manggarai Barat sekitar pukul 03.50 Wita dengan Kapal Motor (KM) Tilongkabila dari Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, setelah sebelumnya berlayar dengan KM Dobonsolo dari Papua. Informasi yang dihimpun menyebutkan para pengungsi mendapat intimidasi selama berada di Wamena. Mereka kemudian menyelamatkan diri ke lokasi lain sebelum pulang ke NTT.

Menurut Marius, ada pengungsi yang sudah memilih tidak kembali lagi ke Wamena. Namun kemungkinan ada pengungsi yang ingin kembali ke sana. Pasalnya situasi di Wamena sudah kondusif.

baca juga: Syukuran Tujuh Tumpeng Sambut Pelantikan Presiden Jokowi

"Tidak apa-apa, di mana saja kita bekerja tentu untuk membangun Indonesia. Tidak hanya di NTT tetapi juga di Papua," ujarnya.

Dia mengatakan di antara pengungsi, ada juga anak-anak sekolah dan bayi berusia dua bulan.  Marius menambahkan masih ada  warga NTT yang akan kembali dari Wamena yang akan tiba pada 19 Oktober 2019. (OL-3)

 

Baca Juga

Antara

Warga Nagari Sungai Pinang Palang Akses ke Kawasan Mandeh

👤Yose Hendra 🕔Jumat 03 April 2020, 14:49 WIB
"Sengaja kita lakukan penutupan jalan karena setiap harinya masih banyak mobil yang lalu lalang jalan kawasan Mandeh," ujarnya,...
Antara

Warga Hebohkan Halo Matahari, BMKG: Tidak Ada Pengaruh ke Manusia

👤Depi Gunawan 🕔Jumat 03 April 2020, 14:34 WIB
"Halo matahari terjadi karena adanya refleksi dan pembiasan sinar matahari oleh awan Cirrus yang sangat dingin di atmosfer,"...
Antara

Limbah Korona di Temanggung Dibawa ke Bandung dan Surabaya

👤Tosiani 🕔Jumat 03 April 2020, 14:09 WIB
Ibnu memastikan perihal pengelolaan limbah medis dari covid-19 aman dantidak membahayakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya