Kamis 17 Oktober 2019, 14:30 WIB

Anies Jamin Jakarta Aman Saat Pelantikan Presiden

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Anies Jamin Jakarta Aman Saat Pelantikan Presiden

MI/Putri Yuliani
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

 

MENJELANG pelantikan presiden dan wakil presiden, Minggu (20/10), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk memastikan keamanan ibu kota.

"Alhamdulillah persiapan dari sisi kami di Pemprov DKI Jakarta sudah berjalan sejak bulan lalu. Jadi ada rapat-rapat koordinasi untuk rute dan persiapan keamanan," ujar Anies di Jakarta, Kamis (17/10).

Ia menambahkan, "Kami mendukung persiapan keamanan yang dikerjakan oleh TNI dan Polri. Kemudian semua fasilitas-fasilitas yang terkait dengan kegiatan pelantikan maupun acara pascapelantikan itu, kita bantu siapkan."

Terkait adanya unjuk rasa saat pelantikan, Anies mengatakan hal itu menjadi kewenangan pihak aparat kepolisian. Karena untuk melakukan demonstrasi perlu ada surat pemberitahuan. Pemprov DKI mendukung apa yang dibutuhkan aparat kepolisian.

Baca juga: Pengamanan Pelantikan Presiden Dimulai Hari Ini

"Kami itu fungsinya adalah membantu kepolisian.Tapi semua yang dibutuhkan sudah disiapkan barang kali hampir satu bulan lebih. (Pemprov DKI siap menyediakan) kebutuhan toilet umum mobile, kemudian kebutuhan tambahan petugas Satpol PP, tambahan petugas Dinas Perhubungan, petugas Dinas Kesehatan," tandas Anies.

Sementara itu, secara terpisah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tidak melarang adanya demonstrasi jelang pelantikan.

Adapin Polda Metro Jaya tidak akan menerbitkan surat tanda terima pemberitahuan (STTP) demonstrasi menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More