Kamis 17 Oktober 2019, 13:09 WIB

Peternak Sapi Perah Getas Dapat Bantuan Tangki Pendingin Susu

Widjajadi | Nusantara
Peternak Sapi Perah Getas Dapat Bantuan Tangki Pendingin Susu

MI/Widjajadi
Garudafood memberikan bantuan tangki pendingin susu untuk peternak sapi perah di Getas, Kabupaten Boyolali, Kamis (17/10).

 

PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk terus memperkuat kemitraan dengan peternak sapi perah lokal, baik melalui koperasi susu maupun kelompok peternak di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Salah satunya, pada Kamis (17/10) di Desa Sumur,kecamatan Tamansari, Kabupaten Boyolali, perusahaan melakukan penandatanganan kesepahaman dengan Koperasi Unit Desa (KUD) Getasan, Salatiga, Jawa Tengah, dalam hal pemberi bantuan tangki pendingin susu segar (fresh milk cooling tank).

Dalam MoU, Garudafood, diwakili Felly Linawati Head of Factory Garudafood dan pihak MoU KUD Getasan Salatiga diwakili ketuanya Bambang Irianto.

"Ini merupakan bentuk komitmen jangka panjang Garudafood dalam program kemitraan," kata Felly.

Sebelum menjalin kerja sama dengan kelompok petani sapi perah yang tergabung dalam KUD Getasan. Garudafood juga telah menjalin kemitraan dengan peternak sapi perah di area Jawa Barat yakni Bandung, Sumedang dan Garut.

Dia paparkan  bantuan cooling tank susu sebagai tempat penyimpanan susu segar, technical assistance tentang teknis penyimpanan susu yang berkualitas, pasokan bahan baku pakan ternak, serta upaya pemberdayaan peternak, sebagai bentuk kemitraan nyata dengan para petani sapi perah.

Melalui kerja sama ini para peternak sapi perah diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan produktivitas hasil susu ternaknya.

"Garudafood terus mendorong petani sapi perah untuk menjalankan tata kelola dan tata laksana peternakan yang baik (Good Dairy Farming Practice- GDFP) melalui pelatihan dengan mendatangkan ahli kesehatan hewan ternak," kata Felly.

Sementara Ketua KUD Getasan, Bambang Irianto mengatakan, apresiasi atas inisiatif Gaudafood tersebut memberikan bantuan tangki pendingin susu segar. Terlebih saat ini kelompok petani sapi perah di desa-desa Kecamatan Tamansari sudah bisa meningkatkan hasil susu perah dari 3000 liter/hari pada 2015  meningkat menjadi 5000 liter/hari pada tahun ini.

"Melalui penandatanganan MoU ini, para peternak kami memiliki kesempatan terlibat dalam berbagai program pemberdayaan yang dijalankan oleh Garudafood," ujar Bambang mewakili sekitar 1000 anggota KUD Getasan Salatiga.

baca juga: Syahrul Gunawan Maju Pilkada Dari Partai NasDem

KUD Getasan berharap kemitraan dengan Garudafood semakin meningkat dan berkesinambungan. Total sapi perah para anggota yang disetorkan ke KUD Getasan mencapai 18 ribu liter hingga 20 ribu liter per hari. (OL-3)

 

 

Baca Juga

MI/Agus Utantoro

Ibadah Haji Dibatalkan, Sultan Minta Masyarakat Jogja Maklum

👤Ardi Teristi 🕔Selasa 02 Juni 2020, 18:35 WIB
Pemerintah memutuskan tidak memberangkatkan jamaah haji ibadah haji 1441H/2020M. Gubernur DIY, Sri Sultan HB X meminta masyarakat di DIY...
MI/Depi Gunawan

New Normal: Pariwisata di Jawa Barat Belum Siap Dibuka untuk Umum

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 02 Juni 2020, 18:00 WIB
PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat belum membuka operasional tempat wisata, meski ada 15 kabupaten/kota yang bisa menerapkan new...
MI/Hijrah Ibrahim

Mahalnya Biaya Rapid Test Diprotes Sopir Lintas Halmahera

👤Hijrah Ibrahim 🕔Selasa 02 Juni 2020, 17:50 WIB
ASOSIASI Sopir Lintas Halmahera (ASLIH) Maluku Utara, memprotes biaya rapid tes sebesar Rp600 ribu-Rp800 ribu untuk sopir dan kernet....

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya