Kamis 17 Oktober 2019, 13:30 WIB

Habibie Festival 2019 Spesial Mengenang Eyang

Faustinus Nua | Humaniora
Habibie Festival 2019 Spesial Mengenang Eyang

MI/Faustinus Nua
Hari pertama penyelenggaraan Festival Habibie

 

ORBIT Habibie Festival kembali menyelenggarakan Habibie Festival ke-7 yang dimulai hari ini, Kamis (17/10) di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Festival tahunan itu akan dilaksanakan selama 3 hari pada 17 hingga 19 Oktober 2019 dan secara khusus digelar untuk menghormati dan mengenang Presiden ke-3 RI BJ Habibie.

"Festival kali ini memang lebih khusus untuk mengenang Eyang. Untuk yang mengenang Pak Habibie itu kita selenggarakan di hari ketiga. Ini juga berdasarkan permintaan keluarga Pak Habibie. Kita ingin membuat semacam platform tempat masyarakat bisa memberi semacam honor atau apresiasi ke Almarhum BJ Habibie.," kata Marketing Director Habibie Festival Haris Abdullah.

Menurut Haris, setiap festival ini digelar di Jakarta, Almarhum Habibie selalu hadir untuk membuka acaranya.

Namun, pada 2018, karena kondisi kesehatan tidak memungkinkan, panitia penyelenggara pun hanya menayangkan video sambutan dari Habibie.

Diterangkanya lebih lanjut, selama ini, mungkin hanya orang-orang terdekat yang bisa memberi penghormatan langsung kepada Habibie. Namun, sebenarnya ada banyak masyarakat yang juga ingin memberi penghormataan dan apresiasi untuk jasa Presiden ke-3 RI itu.

Oleh karena itu, melalui festival ini, beberapa karya anak bangsa ditampilkan untuk menghormati mendiang Habibie.

"Saya kasih contoh kita ada Indonesia Virtual Reality. Mereka membuat semacam visualisasi dengan bekerja sama dengan Instagram. Kalau kita scan muka kita di Instagram, akan keluar foto dalam pesawat bersama Bapak BJ Habibie," terangnya.

Baca juga: Pameran Akbar Diecast Indonesia Siap Digelar

Selain itu, ada juga komunitas 3D printing yang memamerkan patung bus BJ Habibie.

Ada juga pameran kokpit mockup dari pesawat N2150. Pengunjung bisa masuk dan berfoto di kokpit yang ukuranya 1X1 seperti pesawat aslinya.

Juga ada flat simulator dari pesawat R80, mini planetarium dari ilmuwan Indonesia dan pertunjukan teknologi lainnya. Semua itu, menurutnya, dibuat semata-mata untuk mengenang dan menghormati jasa BJ Habibie.

Festival Habibie merupakan festival teknologi dan inovasi. Tujuannya adalah memberikan inspirasi kepada generasi muda terutama untuk berkaya, berkreasi dan berinovasi.

Tahun ini, terdapat 140 tenant dengan 60 tenant adalah food tenant dan sisanya adalah tenant yang terkait karya teknologi dan inovasi.

Setiap tahun, festival ini dikunjung hampir 80% pelajar. Untuk tahun ini sudah terdaftar 6.000 pelajar yang melakukan study tour.

Sementara panitia penyelenggara menargetkan 100.000 pengujung. Lebih banyak ketimbang tahun sebelumnya yang pengunjungnya mencapai 92.000.

Adapun di hari pertama panitia menyelenggarakan forum diskusi pelajar atau Youth Forum yang diikuti pelajar Indonesia, Singapura, dan India.

"Besok (hari ke 2) adalah gala opening dari Habibie Festival dan Indonesia Education Forum yang akan dibuka Bapak Ilham Habibie dan Bapak Anies Baswedan," kata Haris.

Sementara untuk hari ke 3 masih dalam festival tapi akan dikhususkan untuk menghormati Almarhum Habibie.

"Beliau langsung memberi pesan kepada kami, Habibie Festival ini kapan pun dan di mana pun, walaupun saya sudah tidak ada mohon terus dijalankan, karena ini bukan untuk saya tapi untuk masa depan bangsa", tutup Haris mengutip pesan Eyang. (OL-2)

Baca Juga

AFP/Lakruwan Wanniarachchi

Penelitian Covid-19, Indonesia Kerja Bareng Lembaga Sains Austral

👤Antara 🕔Selasa 14 Juli 2020, 21:20 WIB
Kemitraan ini akan mengacu pada respons covid-19 CSIRO, termasuk keahlian dalam membangun model pengujian vaksin, dan analisis...
Dok. Pribadi

Angka Stunting masih Tinggi, Konsumsi Suplemen Bisa Jadi Pilihan

👤Wisnu AS 🕔Selasa 14 Juli 2020, 21:12 WIB
Onoiwa dan Onoake, keduanya merupakan suplemen untuk mencegah stunting pada...
Antara

Peringatan! Zona Merah masih Tersebar di 55 Kabupaten/Kota

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 14 Juli 2020, 21:03 WIB
Di akhir Mei zona merah (risiko tinggi) tersebar di 108 kabupaten/kota, kini per tanggal 12 Juli 2020 zona merah hanya tersebar di 55...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya