Kamis 17 Oktober 2019, 08:05 WIB

Tokoh Muda Berperan Besar

Ind/P-4 | Politik dan Hukum
Tokoh Muda Berperan Besar

MI/M IRFAN
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, dan Bupati Luwu Utara Indah

 

KOMITMEN dari seorang pemimpin pada masa kini akan membantu mewujudkan Indonesia menjadi negara besar pada 2045. Pada tahun tersebut, Indonesia diproyeksikan mempunyai bonus demografi dengan jumlah penduduk produktif lebih banyak dibandingkan dengan penduduk tidak produktif.

Kepiawaian seorang pemimpin akan sangat berpengaruh dalam peningkatan kualitas SDM Indonesia pada 2045. Demikian mengemuka dalam diskusi panel yang diselenggarakan Perhimpunan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bersama mitra antara lain Forum Pemred di Jakarta, kemarin.

Mantan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Oesman Sapta Oedang (OSO) menuturkan sejauh ini masih ada masalah dalam sistem pemilihan pemimpin khususnya kepala daerah yang perlu dibenahi.

"Masalahnya pada sistem dalam memilih calon-calon yang menjadi pemimpin di 2045 menentukan Indonesia nantinya. Ini harus dibenahi," ujarnya seusai memberikan pidato kunci dalam acara itu.

Selain sistem pemilihan pemimpin daerah yang sejauh ini dianggapnya belum berhasil melahirkan pemimpin dengan komitmen kuat, OSO menyampaikan, pers sebagai salah satu pilar demokrasi turut berperan mendorong pertumbuhan sosial, ekonomi, dan budaya di masyarakat.

"Pers dapat memberikan masukan atau koreksi pada kebijakan pemimpin daerah," katanya.

Sementara itu, para tokoh muda yakni pemimpin daerah sebagai panelis yang hadir dalam diskusi tersebut, sepakat setiap pemimpin daerah mempunyai cara dan pendekatan masing-masing dalam melahirkan inovasi agar Indonesia sukses memanfaatkan demografi pada 2045.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menambahkan, inovasi dan kreasi yang telah dilakukan para pemangku kepentingan bisa menjadi kekuatan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Ia mencontohkan di level kabupaten/kota sudah ada kepala daerah yang membuat banyak inovasi di antaranya Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, dan Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap yang turut hadir dalam acara itu. (Ind/P-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More