Sabtu 30 Januari 2016, 10:01 WIB

Sampah Nasional 170 Ribu Ton/Hari

Gaudensius Suhardi | Humaniora
Sampah Nasional 170 Ribu Ton/Hari

ANTARA/Risky Andrianto

 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan membidani kelahiran Gerakan Tiga Jari Kelola Sampah: Pilah, Kompos, dan Daur Ulang Menuju Indonesia Bersih Sampah 2020.

“Gerakan itu akan diluncurkan pada 21 Februari,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Jakarta, Jumat (29/1) malam.

Ia menjelaskan, prinsip utama mengelola sampah yang benar ialah mencegah timbulnya sampah, mengguna-ulang sampah, dan mendaur ulang sampah yang biasa disebut prinsip 3R (reduce, reuse, recycle). “Prinsip 3R itu dilakukan di sumbernya,” tukasnya.

Sampah menjadi persoalan serius. Dengan jumlah penduduk hampir 250 juta jiwa dan estimasi timbunan sampah per orangnya 0,7 kg, jumlah timbunan sampah nasional per harinya mencapai 175 ribu ton.

Profil sampah di Indonesia masih didominasi sampah organik (60%), sampah plastik (15%), sampah kertas (10%), dan lainnya (logam, kaca, kain, kulit) sekitar 25%.

Penimbunan sampah di TPA (69%), kubur (10%), daur ulang dengan prinsip 3R (7,5%), bakar (5%) dan lainnya tidak terkelola (8,5%). (X-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More