Kamis 17 Oktober 2019, 07:10 WIB

Spesies Baru Ikan Kerapu

Melalusa Susthira K | Humaniora
Spesies Baru Ikan Kerapu

MI/Duta
Ilustrasi MI

 

MUSEUM Queensland mengonfirmasi penemuan spesies baru ikan kerapu asli Australia, yakni Epinephelus fuscomarginatus. Spesies baru itu ditemukan setelah menguji DNA selama dua tahun dan penemuan beberapa spesimen di pasar ikan pada 2017.

Epinephelus fuscomarginatus merupakan kerapu endemik yang hidup di pusat Great Barrier Reef Australia dan hanya ditemukan di perairan yang kedalamannya lebih dari 200 meter. Spesies baru ini bergabung dengan 91 jenis kerapu lainnya yang dapat ditemukan di seluruh dunia.

Pakar ikan Jeff Johnson menggambarkannya sebagai ikan yang tampak polos dan mirip dengan jenis ikan kod atau kerapu lainnya. Namun, ia mengatakan ikan dengan panjang 70 cm itu tidak memiliki tanda bintik atau garis yang khas pada tubuhnya seperti kebanyakan ikan kod atau kerapu lainnya.

"Setelah membandingkannya dengan spesimen lain di berbagai koleksi museum, memiliki cukup bukti untuk menguatkan bahwa itu ialah spesies baru," kata Johnson. (ABC/Uca/X-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More