Kamis 17 Oktober 2019, 07:10 WIB

Spesies Baru Ikan Kerapu

Melalusa Susthira K | Humaniora
Spesies Baru Ikan Kerapu

MI/Duta
Ilustrasi MI

 

MUSEUM Queensland mengonfirmasi penemuan spesies baru ikan kerapu asli Australia, yakni Epinephelus fuscomarginatus. Spesies baru itu ditemukan setelah menguji DNA selama dua tahun dan penemuan beberapa spesimen di pasar ikan pada 2017.

Epinephelus fuscomarginatus merupakan kerapu endemik yang hidup di pusat Great Barrier Reef Australia dan hanya ditemukan di perairan yang kedalamannya lebih dari 200 meter. Spesies baru ini bergabung dengan 91 jenis kerapu lainnya yang dapat ditemukan di seluruh dunia.

Pakar ikan Jeff Johnson menggambarkannya sebagai ikan yang tampak polos dan mirip dengan jenis ikan kod atau kerapu lainnya. Namun, ia mengatakan ikan dengan panjang 70 cm itu tidak memiliki tanda bintik atau garis yang khas pada tubuhnya seperti kebanyakan ikan kod atau kerapu lainnya.

"Setelah membandingkannya dengan spesimen lain di berbagai koleksi museum, memiliki cukup bukti untuk menguatkan bahwa itu ialah spesies baru," kata Johnson. (ABC/Uca/X-10)

Baca Juga

ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo

Indonesia Terus Upayakan Pemenuhan Hak Anak

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 24 November 2020, 14:20 WIB
Hal paling mendasar yang dilakukan Indonesia dalam upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan anak sesuai Konvensi Hak Anak adalah dengan...
ANTARA/	IDHAD ZAKARIA

Kabar Gembira, Kemensos Buka Kuota Tambahan BST

👤Suryani Wandari 🕔Selasa 24 November 2020, 14:05 WIB
Kuota baru BST bagi 20 ribu KPM diprioritaskan untuk daerah yang penyerapan bantuannya dinilai...
Antara/Raisan Al Farisi

Ada Potongan Pajak, Berapa BSU yang Diterima Guru Honorer?

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 24 November 2020, 13:58 WIB
Bagi guru honorer yang memiliki NPWP, besaran BSU dikenai potongan PPh sebesar 5%. Adapun penerima BSU yang belum punya NPWP, dikenai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya