Kamis 17 Oktober 2019, 00:20 WIB

Maizura Beradaptasi dan Belajar Mandiri

Fathurrozak | Hiburan
Maizura Beradaptasi dan Belajar Mandiri

Dok. Instagram
Penyanyi Maizura

 

NAMA  Maizura, 19, mulai dikenal publik saat ia mengikuti ajang pencarian bakat menyanyi The Voice 2016. Kini, namanya semakin dikenal setelah membintangi film besutan Riri Riza berjudul Bebas. Ia memerankan karakter bernama Vina yang tergabung dalam geng SMA.

Bebas merupakan film pertama perempuan kelahiran 7 Maret 2000 itu. Film ini juga memasukkan single pertama Maizura ke album musik temanya (soundtrack).

Perjalanan perempuan yang akrab disapa Mai ke dalam industri hiburan Tanah Air mulai menemukan titik terang. Ia pun harus rela meninggalkan kota kelahirannya, Makassar, untuk hijrah ke Ibu Kota.

"Aku dari kecil sampai SMA di Makassar. Ke Jakarta ini pertama kalinya pindah dan berkarier di sini. Kesulitannya sebenarnya karena tinggal sendiri," ungkap Mai saat ditemui dalam peluncuran album fisik soundtrack Bebas, di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (15/10).

Meski harus berpisah dari keluarga dan teman-temannya di Makassar, Mai merasa bersyukur dengan peluang yang terbuka lebar baginya. Ia mengaku bertemu dengan sosok-sosok baru yang luar biasa dalam perjalanannya. Selain itu, dukungan keluarga atas keputusannya untuk pindah ke Jakarta membuatnya merasa tenang.

"Yang aku sangat syukuri ialah karena orangtuaku support dan memberikan kebebasan untuk berkarya. Aku sebenarnya pribadi yang lebih suka di rumah, orang rumahan banget. Kalau sudah enggak ada kegiatan di luar, aku habiskan waktu di rumah dan olahraga, itu aja," tutur Mai yang pernah berkolaborasi dengan D'Masiv membawakan lagu Selamat Jalan Kekasih.

Kini, Mai pun sudah setahun menjalin kontrak dengan salah satu label musi besar. Selain menyanyi dan berakting, ia memutuskan akan membuka diri pada bidang-bidang lain. Ia menekankan selama dirinya merasa senang menjalani, maka akan dilakukan. "Selama aku happy, mau di film dan nyanyi semuanya oke saja," imbuhnya. Bahkan, tahun depan, ia berencana melanjutkan jenjang pendidikannya di Jakarta.

Pekerja keras

Mai mengaku, kerja keras menjadi bagian dari perjalanan hidupnya untuk merintis karier, termasuk musik, yang ia pelajari secara autodidak sejak kecil. "Aku nyanyi dari SMP. Suka musik dan nyanyi dari kecil. Semua autodidak, termasuk akting di film Bebas," terangnya.

Menurutnya, perjalanan karier musiknya terbilang sulit sebelum akhirnya ia mengikuti audisi The Voice. "Bahkan, dulu saat masih SMP, aku sering datang ke kafe-kafe, bertanya, apa bisa nyanyi di sana. Tapi aku sering dapat penolakan," kenang Mai.

Kariernya berubah dan menanjak pesat setelah ikut audisi The Voice. "(The Voice) Sangat membantu perjalananku. Dari situ mulai terlihat titik terangnya. Aku diundang di acara-acara kantor, wedding, sampai akhirnya sekarang kontrak dengan label dan mengeluarkan single," jelasnya.

Mai mengakui, ia irit bicara, termasuk saat proses syuting karena kendala bahasa. Namun, ia kini mencoba beradaptasi dengan kehidupan dan lingkungannya. Ia pun berbagi resep sebelum ia bernyanyi di atas panggung. "Minum teh hangat. Aku enggak bisa makan kalau sebelum nyanyi. Kalau setelahnya, mau makan apa saja bisa." (H-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More