Rabu 16 Oktober 2019, 21:24 WIB

Kabinet Baru Harus Bisa Langsung Bekerja

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Kabinet Baru Harus Bisa Langsung Bekerja

Dok. Pribadi
Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah Adi Prayitno

 

PRESIDEN Joko Widodo akan segera mengumumkan kabinet baru usai dirinya dilantik sebagai presiden RI 2019-2024 oleh MPR  pada 20 Oktober mendatang. Jokowi mengutarakan susunan kabinet akan diisi oleh wajah lama dan baru.

Pengamat politik yang juga direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengatakan, penting bagi kabinet baru Jokowi untuk bisa langsung bekerja meneruskan program-program Jokowi yang belum tuntas pada periode pertama.

Itulah sebabnya, Adi memprediksi Jokowi masih mempertahankan wajah-wajah lama tetap berada dalam kabinet.

Baca juga : Presiden Jokowi : Menteri Lama Ada, yang Baru Banyak

"Utamakan langsung bekerjs menuntaskan peogram-program Jokowi yang belum tuntas. Maka dari itu penting bagi Jokowi mempertahankan wajah lama karena mampu mengetahui langsung apa keinginan Jokowi," ujar Adi saat dihubungi di Jakarta, Rabu (14/10).

Adi melanjutkan, pembentukan kabinet sepenuhnya merupakan hak prerogartif dari Jokowi sebagai presiden. Meski demikian Jokowi harus mampu menjaga stabilitas koalisi dalam pemilihan menteri yang akan membantunya selama 5 tahun ke depan.

"Mau wajah lama atau baru jangan sampai tidak diterima oleh unsur koalisi. Suka ngga suka hasil politik saat ini ialah dari jerih payah orang dan parpol yang sejak awal total.mendukung Jokowi," ujarnya. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More