Rabu 16 Oktober 2019, 16:15 WIB

Tjahjo: Terus Ingatkan Kepala Daerah Jauhi Korupsi

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Tjahjo: Terus Ingatkan Kepala Daerah Jauhi Korupsi

MI/Panca Syurkani
Mendagri Tjahjo Kumolo

 

MENTERI Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengaku sering mengingatkan kepala daerah untuk tidak terjerumus ke dalam ranah pelanggaran tindak pidana korupsi. Itu termasuk bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam bentuk sosialisasi dan pencegahan rasuah.

"Saya sebagai Menteri Dalam Negeri, sebagai kepala Badan Perbatasan dan selama sebulan sebagai pelaksana tugas Menteri Hukum dan HAM sudah terus mengingatkan jajaran untuk menjauhi tindak pidana korupsi," tegasnya usai menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional Simpul Strategis Pembumian Pancasila di Jakarta, Rabu (16/10).

Menurut dia, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi kepada penyelenggara negara bersama KPK di semua provinsi terkhusus area rawan korupsi. Terkhusus itu dalam tahapan perencanaan anggaran, potensi monopoli proyek, pembelian barang dan pengisian jabatan.

"Juga mengingatkan supaya berhati-hati terhadap masalah dana hibah dan bansos, hati-hati terhadap retribusi dan pajak," katanya.

Baca juga: Pasca-OTT, Wali Kota Medan Tiba di KPK

Bahkan, ia berharap Bupati Indramayu menjadi yang terakhir terlibat korupsi.

"Sayangnya tadi pagi masih ada satu lagi Wali Kota Medan tertangkap OTT KPK. Namun semuanya kembali pada diri masing-masing meskipun saya selalu meminta semuanya bekerja transparan dan untuk yang sudah tertangkap tentunya KPK memiliki bukti kuat dan kami akan mengeluarkan surat untuk pengisian jabatan supaya tidak ada kekosongan jabatan seperti yang sudah dilakukan di Indramayu," pungkasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More