Rabu 16 Oktober 2019, 15:38 WIB

Pertumbuhan Kredit Triwulan IV 2019 Diperkirakan Meningkat

Ihfa Firdausya | Ekonomi
Pertumbuhan Kredit Triwulan IV 2019 Diperkirakan Meningkat

ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Suvei Perbankan Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan triwulanan kredit baru akan kembali meningkat pada triwulan IV-2019.

 

SURVEI Perbankan Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan triwulanan kredit baru akan kembali meningkat pada triwulan IV-2019 setelah pada triwulan III-2019 cenderung melambat. 

"Perkembangan tersebut tercermin dari saldo bersih tertimbang (SBT) permintaan kredit baru pada triwulan III-2019 sebesar 68,3%, lebih rendah dibandingkan 78,3% pada triwulan sebelumnya," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko, seperti dikutip dari keterangan resmi BI, Rabu (16/10).

Berdasarkan jenis penggunaan, BI menyebut perlambatan pada triwulan III-2019 terutama bersumber dari kredit investasi dan kredit konsumsi.

Namun, pada triwulan IV-2019 pertumbuhan kredit baru diprakirakan meningkat. Hal ini didorong oleh optimisme terhadap kondisi moneter dan ekonomi yang menguat dan juga risiko penyaluran kredit yang relatif terjaga.

Baca juga: Manfaat Penjaminan Kredit UMKM Belum Signifikan

Sejalan dengan prakiraan meningkatnya pertumbuhan kredit baru, kebijakan penyaluran kredit pada triwulan IV-2019 juga diprakirakan lebih longgar. 

Hal ini terindikasi dari Indeks Lending Standard (ILS) sebesar 11,8%, sedikit lebih rendah dibandingkan 12,0% pada triwulan sebelumnya.

"Pelonggaran standar penyaluran kredit terutama akan dilakukan terhadap kredit kepemilikan rumah/apartemen, kredit investasi, dan kredit UMKM, dengan aspek kebijakan penyaluran kredit yang akan diperlonggar antara lain plafon kredit, suku bunga, dan agunan," tuturnya.

"Kredit diprakirakan tumbuh 9,7% (yoy), atau lebih rendah dibandingkan dengan prakiraan triwulan sebelumnya maupun dengan realisasi tahun sebelumnya," tutupnya. (A-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More