Rabu 16 Oktober 2019, 15:07 WIB

Jembatan Kahayan Diperbaiki, Arus Lalu Lintas Buka Tutup

Surya Sriyanti | Nusantara
Jembatan Kahayan Diperbaiki, Arus Lalu Lintas Buka Tutup

Antara
Jembatan Kahayan yang merupakan sarana penting di Kalteng saat ini sedang dalam proses perbaikan.

 

PEMPROV Kalimantan Tengah saat ini tengah memperbaiki Jembatan Kahayan di Palangka Raya. Jembatan satu-satunya akses penghubung  Palangkaraya dengan sejumlah kabupaten di Kalteng ini diperbaiki selama hampir dua pekan.

"Perbaikan Jembatan Kahayan ini dengan mengganti mortar atau bearing yakni karet penyangga pada pilar jembatan P5 dan P6 yang sejak 17 tahun lalu tidak pernah diganti," ujar Kasi Pembangunan Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kalteng Rizky Bajuri kepada wartawan, (Rabu (16/10).

Dijelaskan Rizky, perbaikannya itu dilakukan pada pukul 8 pagi hingga pukul 11 siang saat arus lalu lintas relatif sedikit. Selama perbaikan jembatan itu ditetapkan sistem buka tutup atau bergantiann sehingga proses perbaikan jalan tetap berjalan.

Jembatan Kahayan yang membelah Sungai Kahayan di Palangka Raya itu memiliki panjang 640 meter dan lebar 9 meter. Jembatan ini merupakan sarana vital karena menghubungkan Palangka Raya dan sejumlah kabupaten di Kalteng seperti Kabupaten Gunung Mas, Kapuas, Pulang Pisau,Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur dan Murung Raya.

baca juga: Partai NasDem Sikka Ajukan Program Restorasi Mangrove

Ia berharap pada hari ini pekerjaan pemasangan atau pergantian bearing selesai dan jalur lalu lintas kembali normal. Selain Jembatan Kahayan, Pemprov Kalteng juga memperbaiki lantai jembatan Pulau Telo di Kabupaten Kapuas yang sudah selesai pada 14 Oktober lalu. Rencananya pada 2020 ada sejumlah jembatan akan diperbaiki. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More