Rabu 16 Oktober 2019, 13:54 WIB

Gianyar Raih Penghargaan Anugerah Kebudayaan 2019

Ruta Sunarya | Nusantara
Gianyar Raih Penghargaan Anugerah Kebudayaan 2019

Istimewa
Mendikbud Muhadjir Effendy memberikan penghargaan Anugerah Kebudayaan dan Maestro Seni kategori Pemerintah Daerah kepada Kabupaten Gianyar.

 

PEMERINTAH Kabupaten Gianyar kembali berhasil meraih prestasi di bidang seni dan budaya tingkat nasional, dengan menerima penghargaan anugerah Kebudayaan dan Maestro Seni Tradisi, Kategori Pemerintahan Daerah. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy di Istora Senayan Jakarta pada Kamis (10/10)

Pada  kesempatan malam Penyematan Anugerah Kebudayaan Tahun 2019, Bupati Gianyar diwakili oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kab. Gianyar, I Ketut Mudana. Selain Kabupaten Gianyar, ada empat pemerintah daerah lainnya mendapatkan penghargaan yang sama yakni i Indonesia yang berhasil meraih penghargaan ini yaitu Kabupaten Kediri, Kulonprogo,  Ngawi dan Sangau.

Mendikbud Muhadjir Effendy pada kesempatan itu mengatakan melalui acara penyerahan Penghargaan Anugerah Kebudayaan tahun 2019 ini, pemerintah hadir memberikan apresiasi atas pengabdian dan dedikasi para seniman dan pelestari tradisi Indonesia.

"Semoga menjadi suri tauladan bagi generasi muda serta pemajuan kebudayaan nasional. Saat ini sudah dirancang dana abadi untuk seniman dan pelestari budaya di dalam anggaran Kemendikbud tahun 2020," kata Muhadjir Effendy usai menyerahkan penghargaan.

Pada kesempatan itu, Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Nadjamuddin Ramly dalam sambutan pengantar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI juga mengatakan bahwa Indonesia boleh saja tidak menjadi negara adidaya ekonomi dunia maupun adidaya teknologi. Namun Indonesia adalah sebuah negara adidaya kebudayaan sebagaimana pernah disampaikan oleh pejabat Unesco pada suatu kesempatan.

Kadis Kebudayaan Kabupaten Gianyar, I Ketut Mudana saat ditemui di ruang kerjanya di Gianyar, Rabu (16/10) menyatakan bangga dengan penghargaan tersebut.

"Ini bentuk perhatian Pemkab Gianyar terhadap perkembangan dan upaya pelestarian seni dan budaya yang sangat tinggi," ujar Ketut Mudana.

Menurutnya Pemkab Gianyar telah secara konsisten melestarikan seni dan budaya dalam berbagai aspek. Serta melindungi keseninaan dan kebudayaan sesuai dengan UU No 5 Tahun 2017.

baca juga: Bea Cukai Tangkap Kapal Membawa 5 Ton Sampah Plastik

Ketut Mudana juga menambahkan, Pemkab Gianyar melalui Dinas Kebudayaan secara periodik memberikan pengharagaan kebudayaan kepada tokoh ataupun insan yang dinilai telah berjasa dalam pengembangan unsur-unsur kebudayaan di Kabupaten Gianyar. (OL-3)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More