Rabu 16 Oktober 2019, 08:05 WIB

Deteksi Penuaan dari Cara Berjalan

Haufan Hasyim Salengke | Humaniora
Deteksi Penuaan dari Cara Berjalan

MI/Seno
Ilustrasi

 

RISET terbaru menyebutkan kecepatan berjalan seseorang berusia 40-an tahun bisa menjadi pertanda proses penuaan. Tubuh pejalan kaki yang bergerak lebih lambat tidak hanya menua lebih cepat, wajahnya tampak lebih tua, dan mereka memiliki otak yang lebih kecil.

Studi ini menganalisis lebih dari 1.000 orang di Selandia Baru yang lahir pada 1970-an dan diikuti hingga usia 45 tahun. "Studi ini menemukan bahwa orang yang berjalan lambat ialah tanda masalah sebelum usia tua," kata Profesor Terrie E Moffitt, penulis utama dari King's College London dan Duke University di Amerika Serikat.

Secara umum, pejalan kaki yang berjalan lebih lambat cenderung menunjukkan tanda-tanda penuaan yang dipercepat oleh paru-paru, gigi, dan sistem kekebalan tubuh dalam kondisi yang lebih buruk jika dibandingkan dengan mereka yang berjalan lebih cepat. (BBC/Hym/X-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More