Rabu 16 Oktober 2019, 08:05 WIB

Deteksi Penuaan dari Cara Berjalan

Haufan Hasyim Salengke | Humaniora
Deteksi Penuaan dari Cara Berjalan

MI/Seno
Ilustrasi

 

RISET terbaru menyebutkan kecepatan berjalan seseorang berusia 40-an tahun bisa menjadi pertanda proses penuaan. Tubuh pejalan kaki yang bergerak lebih lambat tidak hanya menua lebih cepat, wajahnya tampak lebih tua, dan mereka memiliki otak yang lebih kecil.

Studi ini menganalisis lebih dari 1.000 orang di Selandia Baru yang lahir pada 1970-an dan diikuti hingga usia 45 tahun. "Studi ini menemukan bahwa orang yang berjalan lambat ialah tanda masalah sebelum usia tua," kata Profesor Terrie E Moffitt, penulis utama dari King's College London dan Duke University di Amerika Serikat.

Secara umum, pejalan kaki yang berjalan lebih lambat cenderung menunjukkan tanda-tanda penuaan yang dipercepat oleh paru-paru, gigi, dan sistem kekebalan tubuh dalam kondisi yang lebih buruk jika dibandingkan dengan mereka yang berjalan lebih cepat. (BBC/Hym/X-10)

Baca Juga

Antara

Menekan Mobilitas Mampu Tekan 70 Persen Laju Sebaran Covid-19

👤Antara 🕔Rabu 27 Mei 2020, 23:01 WIB
Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hanya sekitar 40 persen menekan pergerakan...
123rf.com

Antibiotika Bisa Obati Covid-19, Hoaks yang Mendunia

👤Henri Siagian 🕔Rabu 27 Mei 2020, 22:37 WIB
Berdasarkan penelusuran India Today, artikel yang viral itu diterbitkan oleh situs Medium yang diambil dari sebuah laman di Nigeria,...
Ilustrasi

Bansos Tahap II di Kabupaten Bekasi Cair Pekan Depan

👤Ihfa Firdausya 🕔Rabu 27 Mei 2020, 21:51 WIB
Mensos menyebut penyaluran BST tahap I di Kecamatan Tambun Selatan akan selesai dalam satu dua hari. Sementara untuk Kabupaten Bekasi akan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya