Rabu 16 Oktober 2019, 07:40 WIB

Masyarakat Diimbau Wujudkan Perdamaian

Nur Aivanni | Politik dan Hukum
Masyarakat Diimbau Wujudkan Perdamaian

MI/Akmal Fauzi
Presiden Joko Widodo menemui tokoh Papua di Istana Merdeka, Jakarta.

 

SELURUH warga dari berbagai daerah yang menetap di Papua dan Papua Barat diharapkan dapat menciptakan ketenteraman dan perdamaian di kedua provinsi tersebut.

Demikian harapan Presiden Joko Widodo yang disampaikan kepada delegasi Paguyuban Papua di Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin.

"Presiden mengimbau masyarakat tenang, kembali bersatu, dan bersaudara. Semua berusaha menciptakan ketenteraman dan kedamaian di Papua di antara seluruh paguyuban, baik Papua maupun non-Papua," kata Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan Provinsi Papua, Mansur, seusai pertemuan dengan Presiden Jokowi.

Menurut Mansur, Presiden berjanji berkunjung ke Wamena dan Jayapura dalam waktu dekat.

"Ya, itu agenda Presiden untuk melihat rakyatnya, melihat daerahnya, apa yang dibangun, dan apa yang menjadi prioritas," jelasnya.

Dalam pertemuan yang dihadiri 14 ketua paguyuban, lanjut Mansur, pihaknya mendukung pemerintah dalam rangka menciptakan ketertiban dan ketenteraman di Papua dan Papua Barat, termasuk kelancaran pembangunan di kedua provinsi di ujung timur Indonesia itu.

"Kami mendukung semua pihak, termasuk pemerintah pusat dan pemerintah daerah, untuk membuat suasana aman, tenteram, dan kondusif bagi masyarakat di Papua," ujar Mansur.

Terkait dengan kerusuhan di Wamena, kepolisian telah menetapkan 13 tersangka. Sepuluh orang sudah ditahan dan tiga lainnya masuk dalam daftar pencarian orang.

Gubernur Papua periode 1998-2000 Freddy Numberi menyampaikan rasa terima kasih masyarakat Papua saat menjenguk Menko Polhukam Wiranto di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, kemarin.

"Kondisi Papua kini telah berangsur membaik pascakerusuh-an. Sebelum insiden penusukan pun, Pak  Menko Polhukam Wiranto sudah berkunjung beberapa hari ke Wamena, Papua, yakni 7-9 Oktober 2019, bersama Kapolri, Panglima TNI, dan sejumlah menteri," ungkap Freddy. (Nur/Ant/X-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More