Rabu 16 Oktober 2019, 04:20 WIB

Ujian Berat di Hari Pertama

Despian Nurhidayat | Olahraga
Ujian Berat di Hari Pertama

DOK. PBSI
Pemain tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung

SEJUMLAH pebulu tangkis Indonesia yang tampil di Denmark Terbuka 2019 gugur di babak pertama yang berlangsung kemarin. Gregoria Mariska Tunjung menjadi salah satu wakil Merah Putih yang harus angkat koper lebih awal. Kekalahan 20-22 dan 18-22 dari wakil India Pusarla V Sindhu membuat peluang Indonesia untuk mendapatkan gelar juara dari nomor tunggal putri makin kecil. Kini harapan di nomor itu ada di Fitriani yang baru akan bermain hari ini.

Kekalahan Gregoria membuat dirinya tercatat tidak pernah menang dari Sindhu selama enam kali pertemuan. "Saya maunya ada yang pecah telur, bisa menang dari pemain top dunia. Saya sudah banyak lihat permainan lawan. Ke depannya saya harus lebih baik lagi. Secara mental juga harus dipersiapkan lagi," kata Gregoria.

Selain Gregoria, yang juga tersingkir dari Denmark, ialah pasangan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow. Rinov/Pitha gagal memetik kemenangan karena ditumbangkan pasangan asal Tiongkok Lu Kai/Chen Lu dengan skor 14-21, 22-20, dan 16-21, sedangkan Tontowi/Winny kalah 17-21 22-20 17-21 dari wakil Jepang Takuro Hoki/Wakana Nagahara.

Seperti Gregoria, lawan yang lebih siap jadi penyebab Rinov/Pitha kalah. "Kami pertama-tama masih belum siap sama pola main kami. Selain itu, tadi lawan yang cowoknya juga sudah lebih berpengalaman. Jadi bisa lebih siap dari kami," ujar Rinov.

Selesai lebih awal dari Denmark membuat Rinov/Mentari bertekad untuk tampil lebih baik di Prancis Terbuka 2019 yang jadi turnamen berikutnya yang akan mereka ikuti pada pekan depan.

Wakil Indonesia lainnya yang kemarin juga tumbang ialah pemain tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting. Secara mengejutkan Anthony yang berstatus unggulan kedelapan tumbang di tangan nonunggulan asal Prancis Brice Leverdez. Anthony menyerah setelah dipaksa bermain tiga gim dalam laga yang berakhir dengan skor 16-21, 21-19, dan 22-20.

Hingga berita ini diturunkan, masih ada tiga wakil Indonesia yang menunggu giliran bertanding. Mereka ialah Jonatan Christie dan Tommy Sugiarto di nomor tunggal putra. Lalu, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di nomor ganda putra.

Hari kedua

Indonesia masih memiliki peluang menempatkan wakilnya hingga partai puncak karena masih ada Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. Praveen/Melati bisa melaju ke babak kedua setelah menang dari pasangan asal Inggris Ben Lane/Jessica Pugh dengan skor 21-12 dan 21-19. Sementara itu, Hafiz/Gloria baru menjalani laga perdana hari ini.

Hari ini ada tujuh wakil Indonesia yang baru mendapat giliran untuk tampil di babak pertama. Selain Fitriani dan Hafiz/Gloria, juga ada Shesar Hiren Rhustavito yang turun di nomor tunggal putra. Kemudian, untuk ganda putri, Indonesia mengandalkan Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Wahyu Nayaka/Ade Yusuf, dan Muhammad Rian Ardianto turun di nomor ganda putra. (BadmintonIndonesia/R-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More