Rabu 16 Oktober 2019, 02:40 WIB

Ibu Negara Kagumi Kain Endek

MI | Nusantara
Ibu Negara Kagumi Kain Endek

ANTARA
Porduksi kain endek khas Bali

 

KERAJINAN tangan warga yang kebanyakan melibatkan perempuan selalu jadi perhatian Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Termasuk saat mengunjungi Kota Denpasar, Bali, kemarin, ibu tiga anak itu juga mendatangi para perajinan tenun ikat di Jalan Sekar Jepun, Denpasar.

Ditemani istri Menteri Koperasi, Bintang Puspayoga, istri Presiden Jokowi itu me-ngagumi proses pembuatan dan hasil jadi kain endek yang diproduksi di Sekar Jepun.

"Kami berusaha memo-pu-lerkan kembali kain endek. Kunjungan Ibu Negara memberi motivasi besar bagi ka-mi dan perajin kain endek untuk terus berinovasi dan mengangkat kembali keindahannya," kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Denpasar, Selly Dharmawijaya Mantra, yang juga istri Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra.

Kain endek buatan para perajin di Sekar Jepun ini memiliki ciri khas tersendiri dan berbeda dengan perajin di wilayah lain. Di antara inovasi itu ialah perpaduan dua motif dalam satu lembar kain.

Endek Denpasar ini juga memiliki corak yang khas, yang pembuatannya selalu harus dilakukan dengan mesin tenun tangan. Corak yang dimunculkan sangat khas, mulai dari motif bunga, daun, hewan, patri, dan mastuli. Napas kerajinan mereka sangat simpel dan elegan.

"Kami akan terus mendukung perkembangan perajin. Selain menyediakan ruang promosi melalui Rumah Kemasan, kami juga mempromosikan hasil kerajin-an mereka di ajang-ajang pameran, seperti Denpasar Festival Kriyanusa dan Inacraft," janji Selly.

Pemilik usaha tenun ikat, Etmy Kustiyah Sukarsa me-ngaku sangat bangga dikun-jungi Ibu Negara. (OL/N-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More