Rabu 16 Oktober 2019, 00:20 WIB

20 Kesepakatan Diteken saat Kunjungan Putin ke Saudi

20 Kesepakatan Diteken saat Kunjungan Putin ke Saudi

AFP
Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri), Pangeran Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed al-Nahyan (kanan)

 

PRESIDEN Rusia Vladimir Putin melakukan kunjungan ke Arab Saudi dan bertemu dengan Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman pada Senin (14/10). Kunjungan singkat Putin tersebut dimaksudkan untuk menandatangani kesepakatan penting dengan Arab Saudi guna menstabilkan harga minyak global, serta menggunakan pengaruhnya untuk meredakan ketegangan yang meningkat di kawasan Teluk.

Pembicaraan antara Putin dan Raja Salman Saudi yang dilangsungkan di Istana Al-Yamamah di Riyadh tersebut menghasilkan sekitar 20 kesepakatan dan kontrak bernilai miliaran dolar. Kesepakatan tersebut mencakup berbagai bidang, yakni kedirgantaraan, budaya, kesehatan, teknologi, dan pertanian.

Putin memuji upaya Raja Salman dalam menjaga relasi dengan Rusia, yang pernah melakukan kunjungannya ke Moskow pada 2017. "Rusia melihat pengembangan persahabatan dan hubungan yang saling menguntungkan dengan Arab Saudi sangat penting," ujar Putin, Senin (14/10).

Raja Salman pun mengatakan kepada Putin bahwa Saudi dapat bekerja sama dengan Rusia untuk meningkatkan keamanan dalam memerangi terorisme. "Kami berharap dapat bekerja dengan Rusia dalam segala hal yang akan membawa keamanan, stabilitas dan perdamaian, memerangi ekstremisme dan terorisme, serta mendorong pertumbuhan ekonomi," terangnya.

Pengamat politik Rusia Fyodor Lukyanov mengatakan, hubungan lama Moskow dengan Iran dan hubungan baru dengan Saudi dapat memainkan peran menciptakan perdamaian. Ketegangan Iran dan Saudi melonjak setelah serangan fasilitas Saudi yang dituduhkan dilancarkan oleh Iran, sekutu Moskow. (AFP/Uca/I-1)

Baca Juga

AFP

Selebritas dan Politisi Hadiri Upacara Peringatan Kematian Floyd

👤MI 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 02:05 WIB
RATUSAN orang, Kamis (4/6), mengikuti upacara peringatan atas kematian warga kulit hitam George Floyd di tangan petugas...
AFP

Hong Kong Sahkan UU Larang Hina Lagu Kebangsaan Tiongkok

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 01:40 WIB
DEWAN Legislatif Hong Kong meloloskan RUU kontroversial, Kamis (4/6), yang menyatakan penghinaan lagu kebangsaan...
MI/cahya

Tegang dengan Jepang, Korsel Gelar Latihan Pertahanan di Dokdo

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Jumat 05 Juni 2020, 22:19 WIB
Korsel melakukan latihan militer tahunan di dan sekitar pulaunya yang paling timur, Dokdo, awal pekan ini. Aksi ini datang di tengah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya