Selasa 15 Oktober 2019, 19:47 WIB

Anies Tidak Ambil Pusing Setahun Lebih Jomblo Tanpa Wagub

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Anies Tidak Ambil Pusing Setahun Lebih Jomblo Tanpa Wagub

Antara/Galih Pradipta
Momen saat Sandiaga Uno mengundurkan diri dari jabatan Wakil Gubernur DKi Jakarta 14 bulan lalu

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara soal wakil Gubernur yang masih kosong hingga 14 bulan sejak kepergian Sandiaga Uno untuk maju menjadi calon wakil presiden Prabowo Subianto pada pemilu 2019.

Anies merasa bahwa tanpa kehadiran wakil gubernur, pemerintah provinsi (Pemprov) DKI sudah bekerja dengan baik.

"Ini memang persis satu tahun 2 bulan (tanpa wagub). Alhamdullilah dari sisi pekerjaan di jajaran pemprov itu bisa di-handle (tangani) semua tugas-tugas dengan baik," ujar Anies di Balai Kota, Jakarta, Selasa (15/10).

Ia berharap dengan DPRD bisa segera merampungkan wakil gubernur sebelum akhir tahun. Diketahui, pihak DPRD DKI masih menunggu nama pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewan (AKD) lainnya paling lambat minggu ini.

Adapun nama calon wagub DKI yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ialah Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto.

Baca juga : Sulit Ajak Swasta, Target Rumah Murah di Jakarta Belum Tercapai

"Sekarang kita berharap dengan kelengkapan dewan yang segera selesai, mudah mudahan dua nama yang sudah dikirimkan oleh PKS itu akan bisa diproses oleh DPRD sehingga muncul hasilnya," tandas Anies.

Terpisah, Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi, mengatakan nasib wagub terkendala karena rapat pimpinan gabungan (rapimgab) penetapan tata tertib (tatib) pemilihan Wagub DKI belum digelar pimpinan DPRD.

Nasib pemilihan wagub tidak tergantung rapimgab, tapi ditentukan dalam rapat paripurna.

“Pemilihan wagub ya kita lihat dulu hasil di paripurna, bukan saya sebagai ketua dewan. Yang memutuskan harus paripurna. Nanti kan disepakati teman fraksi lain. Kan ada fraksi baru, ada PAN dan PSI, ajak ngobrol mereka. Saran saya, carilah orang yang mumpuni untuk Jakarta,” kata Prasetio di Gedung DPRD

Sementara itu, anggota Fraksi Gerindra, Inggard Joshua, menuturkan Pemprov DKI sudah terlalu lama tidak memiliki wagub. Ia meminta untuk segera dibuatkan jadwal pemilihan.

“Ini menjadi skala prioritas setelah AKD terbentuk. Sebaiknya, jika segera dibuatkan jadwal. Karena kewajiban kita memilih itu agar jalan pemerintahan sempurna. Jadi bisa meringankan tugas dari Pak Gubernur,” tandas Inggard. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More