Selasa 15 Oktober 2019, 18:45 WIB

RCEP Bisa Rampung Tepat Waktu Walau Terganjal India

Andhika Prasetyo | Ekonomi
RCEP Bisa Rampung Tepat Waktu Walau Terganjal India

AFP
Petani India protes terhadap rencana pemerintah India bergabung dengan Regional Comprehensive Economics Partnership (RCEP).

 

MENTERI Perdagangan Republik Indonesia Enggartiasto Lukita bersama menteri-menteri perdagangan dari 15 negara yang terlibat dalam perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), akhir pekan lalu menghadiri pertemuan lanjutan di Bangkok, Thailand, untuk membahas penyelesaian pakta perdagangan regional tersebut

Enggartiasto menyebut pertemuan tersebut sangat penting karena membahas penyelesaian akhir dari berbagai persoalan yang selama ini ditemui di sepanjang perundingan yang telah berjalan selama lebih dari tujuh tahun.

"Pertemuan ini merupakan pertemuan terakhir tingkat menteri untuk memutuskan penyelesaian isu-isu single outlier. Isu-isu itu harus tuntas sekarang agar tim perunding dapat menyelesaikan perundingan dalam sisa waktu yang ada hingga diumumkan pada 4 November," ujar Enggartiasto kepada Media Indonesia, Selasa (15/10).

Menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartiasto Lukita. (Dok MI)

Dari 20 bab teks perjanjian yang dibahas, sebanyak 14 bab sudah selesai. Sisa bab teks perjanjian yang belum selesai, pada dasarnya sudah tuntas apabila satu negara tersisa yakni India dapat menerima posisi teks perjanjian yang telah disepakati 15 negara lain.

Baca juga: Mendag RI Optimistis RCEP Tuntas November

Kurangnya komitmen dari India sempat memunculkan kekhawatiran. Pasalnya, dengan tenggat yang tersisa masih banyak hal yang belum disepakati negara tersebut.

"Tetapi, setelah melalui pembahasan yang sangat intensif lebih dari tiga jam, kami dapat mencapai suatu paket resolusi bagi seluruh isu tersisa. Pada akhir pertemuan, kami meminta Trade Negotiation Comittee melakukan finalisasi dalam waktu 10 hari ke depan. Dengan begitu kami dapat melaporkan penyelesaian kepada pemimpin negara di awal November," tuturnya.

Dengan progres yang berjalan baik, Enggartiasto optimistis perundingan RCEP akan menyentuh garis finish dalam dua pekan ke depan. (X-15)
 


 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More