Selasa 15 Oktober 2019, 17:51 WIB

Penangkapan Terduga Teroris Tidak Terkait Pelantikan Presiden

Ferdian Ananda Majni | Politik dan Hukum
Penangkapan Terduga Teroris Tidak Terkait Pelantikan Presiden

BAY ISMOYO / AFP
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menunjukkan foto pelaku penusukan terhadap Menkopolhukam Wiranto

 

KEPALA Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan sedikitnya 26 terduga teroris telah ditangkap paskapenusukan Menko Polhukam Wiranto. Oleh karena itu, penangkapan mereka tidak ada kaitannya dengan upaya teror saat pelantikan presiden Jokowi pada 20 Oktober mendatang.

"Tidak ada kaitanya dengan pengagagalan pelantikan presiden dan wapres. Dari hasil analisa yang dilakukan densus 88 dan pemeriksaan, terhadap mereka belum ditemukan jejak akan melakukan amaliyah di perhelatan pelantikan," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (15/10).

Dedi memastikan, sebanyak 30 ribu aparat gabungan TNI-Polri dipersiapkan guna pengamanan pelantikan. Terkait penebalan pasukan jelang pelantikan, Dedi menyatakan bahwa target utama teror ialah aparat keamanan. Apalagi teroris jaringan JAD bebas melakukan amaliyah sesuai dengan kemauan sendiri.

"Secara struktural, mereka dipersilakan sesuai dengan kemampuan dan independensi masing-masing untuk melakukan amaliyah di mana saja, kapan saja, dengan sasaran siapa saja," sebutnya.

Baca juga: Lagi, Densus 88 Tangkap 4 Terduga Teroris di Bandung dan Cirebon

Sementara itu, Densus 88 juga belum menemukan fakta hukum bahwa kelompok Abu Zee memiliki agenda melakukan teror terhadap pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2019 nanti.

"Sasaran utama ialah thogut, yang dianggap memerangi mereka, ialah kepolisian. Sasaran berikutnya ialah pejabat negara," pungkasnya. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More