Selasa 15 Oktober 2019, 17:15 WIB

Wow Najwa Shihab Punya 10 Gen Moyang di Tubuhnya

Suryani Wandari Putri | Weekend
Wow Najwa Shihab Punya 10 Gen Moyang di Tubuhnya

dok. antara
Najwa Shihab

 

Memiliki karakter dan bentuk wajah seperti kebanyakkan orang-orang dari wilayah jazirah Arab, membuat Najwa Shihab, jurnalis dan pembawa acara ini sering diolok dengan sebutan Onta oleh teman-temannya sewaktu kecil. Alih-alih tersinggung, perempuan yang akrab disapa Nana ini melihat olokan itu sebagai candaan.

Siapa sangka putri cendekiawan muslim Quraish Shihab ini memiliki gen moyang yang kompleks dalam tubuhnya. Ternyata gen arab hanya 3,4% saja dalam tubuhnya.

Melalui proyek DNA Historia yang dilakukan Historia.id, Nana mengetahui asal usul nenek moyangnya hanya melalui uji sampel saliva (air liur). "Nana memiliki latar belakang genetik yang menarik. Karena ada 10 fragments (bagian/potongan) DNA yang berasal dari 10 moyang berbeda dalam tubuhnya. Paling banyak dan kompleks dibandingkan relawan lainnya," kata Ahli genetika, Herawati Sudoyo saat pembukaan pameran ASOI : Asal Usul Orang Indonesia di Museum Nasional, Jakarta, Selasa (15/10).

Pameran yang dilaksanakan 15 Oktober-10 November ini diinisiasi atas dasar keingintahuan tentang orang Indonesia yang asli. Tes DNA dianggap memberikan data ilmiah terkait komposisi ras, penelusuran nenek moyang, dan lini masa kehadiran ras.

Seperti hasil DNA Nana, menunjukan gen yang paling dominan berasal dari Asia Selatan (Nepal, India, Bangladesh, Tamil) yakni sebesar 48.54%. Hasil lainnya berturut-turut 26.81% dari Afrika Utara (Maroko, Algerian, Aljazair, Berbers); 6.06% dari Afrika (Mozambik); 4.19% dari Asia Timur (Tiongkok); 4.15% dari Diaspora Afrika (Afrika-Amerika); 3.48% dari Timur Tengah (Arab); 2.20% dari Eropa Selatan (Portugis); 1.91% dari Eropa Utara (Dorset); 1.43% dari Diaspora Asia (Asia-Amerika); dan 1.22% dari Diaspora Eropa (Puerto Rico).

Jika dilihat dari garis keturunan ayah (Quraish Shihab), kata Nana yang dilansir dari Historia.id, dirinya memiliki darah Arab secara langsung. Kakeknya, Habib Abdurrahman Shihab adalah putra seorang juru dakwah dan tokoh pendidikan kelahiran Hadramaut, Yaman, bernama Habib Ali bin Abdurrahman Shihab yang hijarah ke Batavia.

Tak hanya dari garis keturunan ayah, darah Arab juga terbentuk dari garis keturunan ibu. Menurut Nana, kakeknya, Habib Ali Asegaf merupakan putra seorang pedagang besar yang juga lahir di Hadramaut. Ia bersama pedagang-pedagang Arab lainnya hijrah dan menetap di Nusantara.

Nana mengaku terkejut dengan persentase gen arab yang dimilikinya, 3,4% lebih sedikit dari bayangannya. Selain itu, gen Puerto Rico juga cukup menarik perhatiannya. Meski tidak tahu mengapa bisa leluhurnya berada di sana, Nana merasa senang karena beragam gen mengalir di dalam dirinya. Menurutnya sangat menarik bisa menggambarkan kekayaan Bhineka Tunggal Ika itu lewat tes DNA.

Selain Najwa Shihab, pameran ini menampilkan pula hasil DNA sukarelawan seperti Hasto Kristiyanto, Grace Natali, Budiman Sudjatmiko, Mira Lesmana, Ayu Utami, Riri Riza, dan Ariel Noah. Tak hanya kalangan seleb dan politikus peserta yang mengikuti proyek ini pun diikuti peserta umum seperti Sultan Syahrir, Esthi Swastika, Irfan Nugraha, Farida Yuniar, Aryatama Nurhasyim, Solikhin dan Zaenin Natib. (M-3)

Baca juga : Pakaian dan Suasana Hati yang Saling Berpengaruh

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More