Selasa 15 Oktober 2019, 06:22 WIB

Ronaldo Cetak Gol Ke-700, Portugal Menyerah dari Ukraina

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola
Ronaldo Cetak Gol Ke-700, Portugal Menyerah dari Ukraina

AFP/Genya SAVILOV
Para pemain Ukraina merayakan kemenangan mereka atas Portugal yang memastikan Ukraina melaju ke Piala Eropa 2020.

 

TIM tuan rumah Ukraina sukses menang tipis atas Portugal dalam laga lanjutan Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion NSK Olympiyskiy, Selasa (15/10) dini hari WIB.

Bermain di kandang sendiri membuat Ukraina langsung tancap gas menekan lini belakang Portugal. Hasilnya, Roman Yaremchuk sukses membawa Ukraina memimpin di menit ke-6.

Kiper Portugal, Rui Patricio hanya bisa menangkis tandukan dari Serhiy Kryvtsov yang memungkinkan Yaremchuk menerkam bola yang terlepas dan menyodokkan bola ke gawangnya.

Tertinggal satu gol membuat Portugal semakin beringas meningkatkan serangan. Namun, Ukraina telah menyadari hal tersebut dan memasang lima hingga delapan pemain di kotak penalti agar Portugal kesulitan menceploskan bola ke gawang yang dijaga Andriy Pyatov.

Tim Selecao das Quinas nyaris menyamakan kedudukan via tendangan bebas penyerang andalan mereka, Cristiano Ronaldo. Sayang, bola masih melambung di atas mistar gawang. Terus menyerang ternyata menjadi bumerang.

Baca juga: Pesta Gol Inggris ke Gawang Bulgaria Diwarnai Aksi Rasisme

Serangan balik Ukraina sukses memanfaatkan lini belakang Portugal yang digalang Pepe lengah. Striker West Ham Andriy Yarmolenko mencetak gol di menit ke 27’ setelah memanfaatkan upan silang Vitalii Mykolenko.

Konsentrasi Ronaldo dkk terlihat semakin buyar pascagol Yarmolenko. Namun, tim asuhan Fernando Santos itu tidak menghentikan intensitas serangan.

Portugal memiliki peluang untuk memperkecil ketertinggalan melalui Joao Mario yang memberikan umpan daerah ke CR7. Sayang, umpan Mario terlalu terlalu deras dan bisa dihalau oleh bek Ukraina.

Tidak berhenti di situ, Bernardo Silva pun melepaskan tendangan kaki kiri terukur di menit ke 32’. Sialnya, Pyatov dengan sigap menangkap bola tendanganya.

Memasuki babak kedua, Portugal semakin meningkatkan intensitas menyerang. Ronaldo berpeluang mencetak angka di menit ke-50. Namun, tendangannya masih bisa diamankan Pyatov.

Kans Portugal untuk mengembalikkan keadaan muncul ketika di menit-72 mendapatkan penalti. Penalti didapatkan Portugal setelah Tiaras Stepanenko dianggap sengaja melakukan handball di kotak terlarang.

Stepanenko pun keluar dari lapangan lantaran mendapat kartu kuning kedua. Ronaldo ynmg menjadi algojo tak menyia-nyiakan kesempatan. Tendangan keras kaki kanannya suks mengecoh Pyatov, sehingga memaksakan laga menjadi, 2-1.

Gol tersebut merupakan gol ke-700 sepanjang karier CR7 untuk klub dan timnas.

Di sisa waktu babak kedua, Portugal sebenarnya punya kesempatan besar untuk mencetak gol penyama kedudukan setelah Ukraina hanya bermain dengan 10 pemain.

Sialnya, serangan Portugal tak cukup efektif untuk menjebol pertanahan rapat yang digalang Sergey Krivstov. Bahkan, total tembakan Portugal ke gawang Ukraina mencapai 21 tendangan dan memiliki penguasaan bola sebanyak 59%.

Hingga wasit menutup jalannya pertandingan, skor 2-1 untuk kemenangan tuan rumah tak berubah.

Kemenangan tersebut membuat Ukraina mengamankan posisi puncak Grup B dengan 19 poin dan memastikan diri lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Sementara sang juara bertahan masih memiliki pekerjaan yang harus dilakukan guna mencapai ke putaran final Piala Eropa 2020.

Jika ingin lolos, Portugal harus menang di laga kualifikasi selanjutnya melawan Lithuania pada 14 November. (BR/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More