Selasa 15 Oktober 2019, 06:00 WIB

Belanda, Jerman Bersaing Ketat

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
Belanda, Jerman Bersaing Ketat

Sergei GAPON / AFP
Gelandang Belanda Georginio Wijnaldum (kiri) mengecoh pemain belakang Belarus, Nikita Naumov.

 

DUA tim besar ‘Benua Biru’, Belanda dan Jerman, terus bersaing ketat di Kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup C, setelah sama-sama menuai kemenangan krusial, kemarin dini hari WIB. Di bagian lain, Rusia dan Polandia menyegel tiket ke putaran final tahun depan.

Belanda menguasai klasemen sementara Grup C dengan 15 poin setelah menang 2-1 atas Belarussia. De Oranje--julukan Belanda--unggul head to head atas Jerman yang juga memiliki poin sama, setelah tim ‘Panser’ menuai kemenangan tandang 3-0 atas tuan rumah Estonia.

Menyisakan dua laga lagi, dua posisi teratas yang berhak lolos belum bisa dipastikan. Itu karena peringkat ketiga ditempati Irlandia Utara dengan koleksi 12 angka sehingga berpotensi mengejar.

Bermain di Stadion Dynama, Misk, gelandang Liverpool Georgi­nio Wijnaldum menjadi bintang kemenangan Belanda yang ditukangi Ronald Koeman.

Wijnaldum memborong dua gol untuk tim kampiun Eropa 1988 itu di menit ke-32 dan ke-41. Tim tuan rumah membalas lewat Stanislas Dragun di menit ke-54.

Wijnaldum mengaku gol keduanya itu merupakan gol terbaik yang pernah ia cetak selama membela De Oranje. Ia tambah bahagia karena dengan golnya itu membantu negaranya meraih poin penuh yang sangat berharga.

“Gol kedua ialah gol terbaik saya sejauh ini bersama tim nasional. Kami merasa puas karena enam poin dari dua pertandingan ialah yang kami ingin,” kata Wijnaldum.

Di Tallinn, bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-14 tidak membuat Jerman kehilangan angka. Tim asuhan Joachim Loew masih mampu tampil dominan sejak gelandang Emre Can diusir wasit akibat tekel telat. Dominasi penguasaan bola hingga 66% membuahkan tiga gol yang dilesakkan Ilkay Gundogan di menit ke-51 dan ke-57, serta ditutup gol Timo Werner di menit ke-71.

Lolos

Di laga lain, Rusia memastikan satu tempat di putaran final Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Siprus dengan skor telak 5-0. Perempat finalis Piala Dunia 2018 itu juga mengikuti langkah Belgia sebagai wakil dari Grup I yang lolos ke Piala Eropa 2020.

Dengan mengemas 21 poin, Rusia tidak bisa lagi dikejar Siprus di posisi tiga dengan 10 poin.
Gelandang Rusia Aleksandr Golovin mengaku optimistis menatap Piala Eropa 2020. Ia mengaku memasang target tinggi pada kejuaraan di ‘Benua Biru’ itu.

“Setelah Piala Dunia, ada peluang kami untuk memenangi Piala Eropa. Seluruh tim mendambakan hasil itu dan kami tidak main-main. Kami telah siap secara mental untuk bersaing di level Eropa. Setiap Anda datang ke turnamen, Anda hanya ingin memenangkan setiap pertandingan,” ungkap pemain AS Monaco itu.

Di hari yang sama, Polandia menyamai prestasi Rusia dengan lolos ke putaran final. Langkah yang sebelumnya sudah digapai Belgia dan Italia.

Polandia yang bersaing di Grup G melenggang dengan unggul 2-0 atas Masedonia Utara. Polandia harus menunggu hingga menit ke-74 untuk unggul melalui aksi Przemyslaw Frankowski.
Diikuti Arkadiusz Milik yang menggandakan keunggulan, 4 menit berselang.

Polandia kukuh di puncak klasemen dengan 19 poin dari delapan laga. Dengan dua laga tersisa, perolehan poin Polandia tidak bisa dikejar peringkat ketiga Makedonia Utara yang mengumpulkan 11 poin. (AFP/UEFA/R-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More