Senin 14 Oktober 2019, 21:00 WIB

IPEMI Siap Ambil Peran Tingkatkan Kesehatan Perempuan RI

mediaindonesia.com | Humaniora
IPEMI Siap Ambil Peran Tingkatkan Kesehatan Perempuan RI

Dok. IPEMI
Pelaksanana kongres pemilihan ketua umum IPEMi 2019-2024

 

IKATAN Perawat Maternitas Indonesia (IPEMI) berupaya terus meningkatkan peran aktifnya di Indonesia khususnya fokus pada kesehatan perempuan di sepanjang siklus kehidupan baik sehat maupun sakit. 

Penguatan peran aktif tersebut diawali salah satunya dengan penguatan internal organisasi IPEMI dengan mengelar Kongres Nasional ke III dengan agenda utama pemilihan Ketua Umum Pusat IPEMI Periode 2019-2024.

Kongres di hadiri 150 perawat spesialis maternitas dari 15 provinsi di Indonesia. Kongres di laksanakan pada tanggal 13 Oktober 2019, dihotel Grand Pasundan, Bandung. Terpilih Desrinah Harahap sebagai Ketua IPEMI periode 2019-2024.

Desrinah adalah praktisi perawat spesialis maternitas, founder dari Rumah Perawatan Metta Mom Care sejak 2012 sampai saat ini.

Desrinah, Perawat spesialis Maternitas lulusan Program Magister Keperawatan dan Spesialis Keperawatan Maternitas Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia tersebut mengatakan kepemimpinannya akan berfokus pada peningkatan peran IPEMI di kesehatan perempuan dan juga penurunan AKI serta Angka Stunting yang menjadi salah satu fokus pembangunan kesehatan di Indonesia.

Baca juga : Pemerintah Diminta Evaluasi Uji Kompetensi Perawat dan Bidan

"Kami juga akan mengembangkan program-program di area pelayanan kesehatan Ibu dan bayi, melakukan penelitian-penelitian kesehatan perempuan, inovasi produk kesehatan, dan program-program pemberdayaan perempuan khususnya meningkatkan women’s empowerment and awareness akan kesehatan mereka, dan perempuan di sekitarnya,' katanya dalam keterangan tertulis.

Desrinah menjelaskan, program-program yang dikembangkan berbasis pada evidence based hasil penelitian terkini, pendekatan teknologi, dan community empowerment.

"Dengan pendekatan tersebut diharapkan IPEMI semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya kesehatan perempuan di Indonesia," ujarnya.

Hadir pula dalam Konggres Nasional tersebut, 2 orang guru besar Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia Setyowati dan Yati Afiyanti, serta Imami Nur Rachmawati sebagai sesepuh Keperawatan Maternitas Indonesia yang sudah berhasil melahirkan lebih dari 150 perawat spesialis Maternitas yang saat ini sudah tersebar  diseluruh penjuru Tanah Air. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara/M N Kanwa

Positif Covid-19, 49 Orang Masih Dirawat di Pulau Galang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 04 Juni 2020, 22:00 WIB
Aris mengatakan, tidak ada pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan...
Antara/Arif Firmansyah

Begini Skenario Pembelajaran di Sekolah saat Fase New Normal

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 04 Juni 2020, 21:53 WIB
Bagi daerah yang belum aman dari pandemi atau berada di zona kuning, oranye, dan merah tidak diperbolehkan menggelar pembelajaran tatap...
Instagram @mediaindonesia

Masa PSBB Transisi, Kesadaran Bersama Masyarakat Jadi Kunci

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Kamis 04 Juni 2020, 21:09 WIB
"Di masa kenormalan baru adalah kita dituntut uuntuk tetap efektif tetapi sekaligus terhindar dari penularan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya