Senin 14 Oktober 2019, 20:35 WIB

Hujan Abu Mengguyur 17 Desa di Magelang

Tosiani | Nusantara
Hujan Abu Mengguyur 17 Desa di Magelang

ANTARA/Anis Efizudin
Hujan abu mengguyur 17 desa yang tersebar di enam kecamatan wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

 

HUJAN abu mengguyur 17 desa yang tersebar di enam kecamatan wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (14/10) sore. Hal itu menyusul terjadinya aktivitas vulkanik pada Gunung Merapi.

Lima kecamatan itu ialah Kecamatan Srumbung, Dukun, Salam, Sawangan, dan Muntilan.

Muslim, salah seorang perangkat Desa Srumbung, Kecamatan Srumbung, menceritakan, desanya diguyur hujan abu sekitar pukul 17.10 WIB. Ketika itu, ia keluar rumah dan melihat lantai teras rumah, tanah, dan tanaman kotor tertutup abu.

"Udara terasa kotor, dan gelap, tapi sekitar pukul 17.40 WIB, udara kembali bersih," terangnya.


Baca juga: Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas Letusan Setinggi 3 Km


Muslim menambahkan, melihat kondisi itu warga Desa tetap bersikap tenang. Sebab, sekitar dua bulan lalu, dari kecamatan sudah membagikan lebih dari 10 kotak berisi 100 masker per kotak ke 14 desa di Kecamatan Srumbung.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Didik Wahyu Nugroho, mengaku telah menerima informasi tentang aktivitas vulkanik Gunung Merapi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta.

BPBD pun segera melakukan pengecekan di lapangan dan membagikan 2.000 masker pada warga Kecamatan Dukun dan Srumbung.

"Kami mengimbau masyarakat tetap tenang dan diperbolehkan melakukan aktivitas di luar rumah dengan menggunakan kacamata dan alat perlindungan pernafasan," ujarnya. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More