Senin 14 Oktober 2019, 20:15 WIB

Lawan Vietnam, Simon McMenemy Harus Ramu Skema Serangan Balik

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
Lawan Vietnam, Simon McMenemy Harus Ramu Skema Serangan Balik

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Sejumlah pemain Timnas Indonesia mengikuti latihan di Lapangan Trisakti, Legian, Bali, Minggu (13/10/2019)

 

PENGAMAT sepak bola Supriyono mengatakan pelatih timnas Indonesia Simon McMenemy harus mampu meramu skema serangan balik yang jitu saat melawan Vietnam dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Selasa (15/10) besok.

Eks timnas Primavera itu meminta Simon mencari cara agar anak asuhnya bisa memaksimalkan setiap peluang menjadi gol. Hal ini berguna untuk meningkatkan kepercayaan diri para pemain pascakekalahan beruntun melawan Malaysia, Thailand dan Uni Emirat Arab (UEA).

Ia mengatakan seharusnya skuad Garuda tampil menyerang dan jangan memasang pertahanan terlalu dalam seperti melawan UEA. Jika dipaksa bertahan oleh Vietnam, ia meminta Simon menyiapkan strategi serangan balik yang efektif.

"Kalau bertahan ya jangan dipikirkan defend aja. Harus disiapkan skema counter attacknya. Ketika lawan UEA mampu bertahan dengan baik, tapi ketika merebut bola, tidak ada pemain lain yang membuka ruang untuk melancarkan serangan balik. Jadinya kemarin itu taktiknya nanggung," kata Supriyono ketika dihubungi Media Indonesia, Senin (14/10).

Baca juga: Exco PSSI Desak Simon McMenemy Mundur Jika Kalah Lawan Vietnam

Selain itu, Supriyono mengatakan pelatih asal Skotlandia itu wajib membenahi mental pemain yang terpuruk pascakekalahan beruntun.

"Aku pikir perlu suntikan moril dulu. Seperti apa sih suntikan moril yang bisa diberikan Simon kepada anak-anak? Itu pinter-pinter pelatih membangkitkan semangat dan melupakan tiga kekalahan lalu," ungkapnya.

Laga melawan Vietnam merupakan peluang Garuda untuk mengemas tiga poin pertama pada babak kualifikasi. Berlaga di publik sendiri akan menjadi motivasi bagi Andik Vermansah dan kawan-kawan untuk menaklukkan Vietnam dan meraih poin penuh.

Namun, tugas Garuda tak mudah. Vietnam datang dengan modal yang bagus. Nguyen Quang Hei dan kawan-kawan berhasil menahan imbang Thailand dan menang melawan Malaysia.(OL-5)

Baca Juga

Ilustrasi

Momentum Los Blancos Kembali Merajai Spanyol

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 15 Juli 2020, 17:29 WIB
Real Madrid selangkah lagi menyabet gelar La Liga musim ini jika sukses meraih poin penuh kontra Villarreal, Jumat...
AFP/GABRIEL BOUYS

Madridistas Diminta Rayakan Gelar Juara di Rumah Masing-masing

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 15 Juli 2020, 17:25 WIB
Real Madrid berpeluang menyegel gelar juara La Liga musim 2019/2020 jika berhasil mengalahkan Villarreal, Jumat (17/7) dini hari...
AFP/Paul Ellis

University of Manchester Beri Rashford Gelar Doktor Kehormatan

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 15 Juli 2020, 15:30 WIB
Rashford diganjar penghargaan tertinggi oleh University of Manchester berkat kampanye melawan kemiskinan dan kelaparan bagi anak-anak di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya