Senin 14 Oktober 2019, 19:48 WIB

Menkominfo Sebut Palapa Ring Jangkau 514 Kabupaten/Kota

Nur Aivanni | Teknologi
Menkominfo Sebut Palapa Ring Jangkau 514 Kabupaten/Kota

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) bersama Menkominfo Rudiantara (kanan) meresmikan Palapa Ring di Istana Merdeka, Jakarta, hari ini.

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan bahwa peresmian pengoperasian Palapa Ring telah menjangkau 514 kabupaten/kota terkoneksi dengan jaringan internet.

"Palapa Ring itu adalah seperti jalan tol untuk internet kecepatan tinggi. Jadi, mulai saat ini, Agustus kemarin, dari 514 kabupaten/kota, tidak ada yang tidak dihubungkan dengan jalan tol tadi," katanya di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10).

Di Papua, kata dia, pihaknya membangun jaringan kabel optik di 30 kabupaten/kota yang sebelumnya sama sekali tidak terhubung dengan jaringan tulang punggung internet berkecepatan tinggi.

"Itu juga menunjukkan kebijakan keberpihakan affirmative policy, pemerintah yang tidak Jawa sentris tapi Indonesia sentris khususnya membangun di timur," katanya.

Information and communication technology (ICT) infrastructure di Indonesia, kata Rudiantara, masih ketinggalan dibandingkan negara tetangga, seperti Singapura, Thailand, dan Malaysia. "Ini adalah tantangan kita ke depan, membangun infrastruktur ICT untuk pembangunan ekonomi digital," ucapnya. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More