Senin 14 Oktober 2019, 16:40 WIB

Bea Cukai Pekanbaru Kembali Amankan 300 Ribu Batang Rokok Ilegal

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Bea Cukai Pekanbaru Kembali Amankan 300 Ribu Batang Rokok Ilegal

Istimewa/Bea Cukai
Petugas Bea Cukai sedang melakukan tindakan.

 

BEA Cukai Pekanbaru yang baru saja menindak 250 ribu batang rokok ilegal, kembali berhasil mengamankan 300 ribu batang rokok ilegal dalam sebuah penindakan pada Selasa (8/10) dini hari di wilayah Kampar. Penindakan dilakukan terhadap sebuah mobil minibus yang mengangkut rokok ilegal. 

Penindakan bermula atas informasi dari tim intelijen yang mengatakan adanya kendaraan yang akan membawa rokok ilegal. Tim penindakan segera melakukan pencarian di sekitar wilayah Kabupaten Kampar, hingga akhirnya pada pukul 03.00 WIB dini hari tepatnya di Simpang 3 Jembatan Rantau Berangin, sebuah mobil minibus kedapatan mengangkut 30 karton rokok ilegal dengan tidak dilekati pita cukai.

Selanjutnya, seluruh barang hasil penindakan dan sarana pengangkut beserta sopirnya dibawa ke kantor Bea Cukai Pekanbaru untuk dilakukan proses penelitian lebih lanjut.

Kepala Kantor Bea Cukai Pekanbaru, Prijo Andono, menjelaskan bahwa tim penindakan memang sedang gencar dalam melakukan penindakan dengan tujuan menekan peredaran rokok ilegal di masyarakat dan juga untuk mengamankan penerimaan negara dari sektor cukai.

“Bea Cukai memang sedang intens dalam menekan peredaran rokok ilegal hingga tiga persen di seluruh Indonesia yang sudah berjalan sejak beberapa bulan lalu,” jelas Prijo.

Hingga saat ini, rokok ilegal masih marak beredar di masyarakat dan mengganggu usaha di bidang tembakau. Keberadaan rokok ilegal juga ikut merugikan dari sisi persaingan industri.

Sesuai dengan arahan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada awal tahun, rokok ilegal yang saat ini masih beredar berkisar 7%, ditargetkan dapat diturunkan ke angka 3%. Bea Cukai dengan operasi Gempur Rokok Ilegal terus berupaya memberantas peredaran rokok ilegal di Indonesia. (OL-09)

Baca Juga

MI/M. Irfan

Aturan Izin Jaksa Agung Dinilai Bertentangan dengan Putusan MK

👤Putra ANanda 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 00:25 WIB
Muzakir menilai, berdasarkan putusan Mk, semua warga negara apapun jabatannya memiliki kedudukan yang sama di mata...
MI/ADAM DWI

Biduan Iyeth Bustami Resmi Diusung PDIP untuk Bengkalis

👤Antara 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 23:04 WIB
Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan resmi mengumumkan  sejumlah calon kepala daerah yang bakal diusung...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.

Kantor Masih Langgar Protokol Covid-19, Disnaker Panggil Kadin

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 20:06 WIB
Perusahaan ada yang terpaksa mempekerjakan karyawan lebih dari 50% untuk mengejar target kinerja atau...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya