Senin 14 Oktober 2019, 13:59 WIB

Presiden Mengimbau Masyarakat Gunakan Internet Dengan Bijak

Nur Aivanni | Teknologi
Presiden Mengimbau Masyarakat Gunakan Internet Dengan Bijak

Antara
Presiden Joko Widodo saat meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara, Senin (14/10).

PRESIDEN Joko Widodo mengingatkan masyarakat agar tidak menyalahgunakan hadirnya konektivitas internet yang kini semakin cepat. Hal itu disampaikannya saat meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, hari ini Senin (14/10).

"Harus diingat, perkembangan teknologi digital dan konektivitas yang semakin cepat tidak boleh disalahgunakan. Ujaran kebencian, enggak boleh dipakai untuk ini, untuk fitnah enggak, untuk hoaks enggak, untuk fakenews enggak. Ini yang harus dicegah," tegas Jokowi.

Ia juga meminta agar media sosial tidak dijadikan tempat untuk saling menjelekkan dan mencela. Menurutnya, itu harus dihentikan.

"Termasuk mencegah kejahatan siber dan kejahatan lainnya agar tidak semakin berkembang di negara kita," katanya.

Konektivitas digital, kata Jokowi, justru diharapkan bisa memberikan manfaat yang lebih besar untuk kesejahteraan dan kemajuan bangsa. Saat ini, data dan informasi bisa dikumpulkan melalui perangkat digital.

"Pemerintah bisa memanfaatkan big data ini untuk melakukan telaah kebijakan," ucapnya.

Selain itu, konektivitas digital juga bisa memajukan sektor ekonomi, sosial, budaya, politik dan pemerintahan bangsa ini.

"Kalau ini bisa kita koneksikan, dari daerah disambungkan ke marketplace nasional, masuk lagi ke marketplace global. Keinginan kita itu. Dan juga untuk memperkuat industri kita agar semakin kompetitif," terangnya.

baca juga: Presiden Resmikan Pengoperasian Palapa Ring

Sementara itu, bagi aparatur pemerintah, Jokowi pun berpesan agar memanfaatkan beroperasinya Palapa Ring tersebut untuk mempercepat terwujudnya birokrasi yang efisien, melayani dan akurasi dalam kebijakan-kebijakannya.

"Bagi seluruh rakyat Indonesia saya berpesan, gunakan konektivitas digital ini dengan baik, gunakan internet secara bijak, gunakan konektivitas digital ini dengan baik," tandasnya. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More