Senin 14 Oktober 2019, 13:31 WIB

Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Asal Poso, Satu Orang Buron

Ferdian Ananda Majni | Politik dan Hukum
Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Asal Poso, Satu Orang Buron

Antara
Ilustrasi

 

TIM Detasemen Khusus (Densus) 88 Mabes Polri bersama Satbrimobda Sulawesi Tengah telah menangkap terduga teroris berinisial AWL 24, pada Minggu (13/10) sekitar pukul 10.29 WITA di Jalan Pulau Batam, Kelurahan Moengko baru Kecamatan Poso Kota , Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Didik Supranoto mengatakan AWL diduga terlibat dalam upaya pembuatan bom rakitan. Dengan cara melakukan beberapa pembelian bahan-bahan dasar untuk pembuatan bahan peledak

"Bahan peledak yang disita berupa Aseton, H202, pupuk KNO3, serta beberapa barang yang dapat digunakan sebagai pendukung bom rakitan," kata Didik dari keterangannya, Senin (14/10)

Didik menjelaskan AWL yang berprofesi sebagai petani itu dipastikan terlibat dan memberikan bantuan kepada kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

"AW ditangkap Densus 88 saat melakukan perjalanan, kemudian dilakukan penggeledahan di rumahnya dan ditemukan 10 batang pipa besi yang sudah dipotong-potong. Yang diduga merupakan rangkaian untuk bahan peledak," sebutnya.

Selanjutnya dilakukan penggeledahan di rumah AWL, Densus 88 langsung bertolak ke rumah warga lainnya berinisial AA. Terduga teroris ini melarikan diri saat dilakukan penggerebekan. Namun sejumlah barang bukti bahan peledak ditemukan di rumahnya.

"Saat ini, AA masih dilakukan pengejaran Densus 88 karena melarikan diri saat dilakukan penggerebekan," terangnya

Untuk barang bukti yang disita di rumahnya adalah 3 buah botol plastik berisi sisa cairan kimia H202, Aseton, 1 (satu) bilah pedang samurai, 3 kotak berisi campuran olahan bahan kimia, 1 buah beaker glass merek bomex gelas kaca kimia 500 mili, 9 bungkus kn03 santagrow netto 1 KG dan 8 botol sirup berisi bahan bakar.

Didik menegaskan, peran kedua pelaku adalah memberikan bantuan ke kelompok MIT dan sejumlah bahan peledak lainnya digunakan untuk merancang bom yang belum diketahui target sasarannya.

baca juga: Para Ulama Berperan Penting Mengikis Radikalisme

"(Mereka) mendukung organisasi yang telah dinyatakan terlarang oleh pemerintah, Mujahidin Indonesia Timur (MIT)," paparnya.

Saat ini, terduga teroris AWL diamankan di Mako Kompi B Pelopor Landangan Poso untuk dilakukan proses penyidikan lebih lanjut oleh Tim Densus 88 Polri. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More