Senin 14 Oktober 2019, 12:51 WIB

Presiden Resmikan Pengoperasian Palapa Ring

Nur Aivanni | Teknologi
Presiden Resmikan Pengoperasian Palapa Ring

Antara
Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara, Senin (14/10)

PRESIDEN Joko Widodo meresmikan pengoperasian Palapa Ring hari ini, Senin (14/10). Proyek Palapa Ring terbagi ke dalam tiga segmen, yaitu Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah dan Palapa Ring Timur. Total jaringan fiber optic proyek tersebut adalah sepanjang 12.148 kilometer.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan pengoperasian Palapa Ring yang menghubungkan 514 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia," kata Jokowi saat peresmian pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10).

Palapa Ring bagian barat telah rampung pada tahun 2018. Sementara, Palapa Ring bagian tengah rampung pada awal tahun 2019. Kemudian, Palapa Ring bagian timur pun sudah selesai pada Agustus 2019.

"Dunia telah berubah dari era analog ke era digital. Dan teknologi digital sekarang ini telah menerobos batasan jarak, waktu, komunikasi, pengiriman informasi bisa dilakukan sangat cepat tanpa kendala jarak dan waktu," kata Presiden.

Beberapa tahun lalu, ungkapnya, pemerintah menyadari adanya ketimpangan yang tajam antar daerah dalam hal konektivitas digital.

"Ada wilayah yang konektivitasnya sangat kencang, ada yang konektivitasnya sangat lemah. Ini benar, memang saya alami," ucapnya.

baca juga: Teknologi Watch Phone untuk Memantau Aktivitas Anak

Ia juga pernah mendapat keluhan dari masyarakat di Rote Ndao di NTT kalau koneksi internet di sana masih lambat. Di daerah-daerah yang sangat sulit jaringan internetnya, kata Jokowi, masyarakat kerapkali harus mendekat ke tower Base Transceiver Station (BTS). Biasanya, lanjut dia, masyarakat menyebutnya pohon SMS.

"Oleh karena itu, pemerintah berkomitmen untuk menuntaskan Palapa Ring sebagai infrastruktur tol langit kita. Ada tol, jalan tol darat, ini ada tol langit," tandasnya. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More