Senin 14 Oktober 2019, 09:37 WIB

Pemohon SIM Gagal Praktik Diberi Program Pelatihan Khusus

Heri Susetyo | Nusantara
Pemohon SIM Gagal Praktik Diberi Program Pelatihan Khusus

Mi/Heri Susetyo
Polresta Sidoarjo memberikan bimbingan dan pelatihan bagi pemohon SIM yang gagal uji praktik sampai tiga kali.

 

MASYARAKAT pemohon surat izin mengemudi (SIM) C yang gagal dalam uji praktik akan mendapatkan program pelatihan khusus dari Satlantas Polresta Sidoarjo. Program pelatihan khusus ini terutama diberikan pada mereka yang sudah tiga kali gagal uji praktik. Waktu program pelatihan khusus diberikan pada hari Selasa dan Jumat pukul 15.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Kasat Lantas Polresta Sidoarjo Kompol Fahrian Saleh Siregar mengatakan, program ini sengaja digelar untuk menjawab keluhan para pemohon. Mereka yang tidak lulus tiga kali, dilatih maksimal sampai benar-bisa, baru ikut uji praktik lagi.

"Dengan demikian mereka tidak akan gagal lagi saat ujian praktik. Bisa lulus dengan baik, kemudian berhak mendapat SIM," kata Fahrian, Minggu (13/10).

Fahrian menambahkan, dalam pelatihan khusus itu, pihaknya juga menyiapkan petugas khusus. Mereka sengaja dipilih yang telaten dan mumpuni untuk memberi pelatihan uji praktik kepada masyarakat yang membutuhkan.

Beberapa pemohon SIM sudah ada yang merasakan program pelatihan ini. Mereka awalnya gagal beberapa kali dalam uji praktik, akhirnya lihai melintasi berbagai rintangan dengan sepeda motor. Dan akhirnya mereka bisa lulus dan berhak mendapat SIM.

"Sebelumnya saya gagal tiga kali ujian praktik. Kemudian diberitahu oleh petugas bahwa ada program latihan. Saya ikut latihan, dan akhirnya bisa lulus saat mengikuti ujian praktik lagi," ungkap Ringo Patriot Megantara, warga Sidoarjo.

Ketika ikut latihan, dia diberitahu tips dan trik-trik untuk melalui berbagai lintasan dan rintangan yang ada pada proses uji praktik. Lalu, beberapa kali dia mencoba dengan mendapat pendampingan dari petugas.

"Setelah tahu dan paham tips serta triknya, saya bisa lebih mudah. Dan akhirnya bisa lulus ujian," kata Ringo.

baca juga: Memberantas Korupsi Belajar Dari Pangeran Diponegoro

Hal serupa disampaikan Irwan Budiarto, warga Pacitan yang selama ini bekerja di kompleks pergudangan di Lingkar Timur Sidoarjo. Ikut pelatihan dan mendapat bimbingan uji praktik SIM dari petugas Satlantas Polresta Sidoarjo, dia lantas bisa menyelesaikan uji praktik SIM C dengan lancar.

"Sebelumnya saya sudah dua kali gagal. Tahu ada program latihan ini, saya kemudian ikut. Dan akhirnya bisa lulus ujian," kata Irwan. (OL-3)

 

Baca Juga

Dok: BNPB

Wakil Wali Kota Surabaya Usul Beli Mobil Lab PCR

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 10:10 WIB
"Nanti saya usulkan ke Bu Wali Kota (Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini) untuk beli sendiri. Kita bisa...
dok pemprov jatim

Kuota Khusus Kursi SMA-SMK untuk Anak Nakes Pejuang Covid-19

👤RO/Micom 🕔Minggu 31 Mei 2020, 09:59 WIB
Pemprov Jatim siapkan kuota 1% bangku sekolah bagi putra putri tenaga kesehatan sampai dengan sopir ambulans, yang mendedikasikan diri...
ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Semarang

Longsor Tutup Ruas Tol Semarang-Solo KM 426

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 09:20 WIB
"Kendaraan dari arah Solo dialihkan keluar melalui gerbang Tol...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya