Jumat 29 Januari 2016, 15:32 WIB

Pemkot Kerahkan Ratusan Petugas Normalisasi Kali Unus

Ant/OL5 | Nusantara
Pemkot Kerahkan Ratusan Petugas Normalisasi Kali Unus

Illustarsi MI/ROMMY PUJIANTO

 

Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, mengerahkan ratusan petugas dari Dinas Pekerjaan Umum, Jumat, untuk melakukan normalisasi di Kali Unus sebagai antisipasi banjir. Ratusan petugas dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Mataram dipimpin langsung oleh Wali Kota Mataram Hj Putu Selly Andayani.

"Ini berkat informasi dari media, yang menyatakan kawasan Batu Ringgit banjir, padahal kondisi sekarang tidak separah tahun sebelumnya," katanya saat ditemui di sela memantau kegiatan gotong royong dari para petugas DPU setempat.

"Untuk sementara normalisasi kita lakukan secara manual oleh lebih dari 200 petugas harian lepas (THL) dan petugas di Bina Marga DPU kota," katanya. Namun demikian, pihaknya segera akan meminjam alat berat ke Balai Wilayah Sungai (BWS) NTB, agar sedimen Kali Unus bisa segera terangkat.

"Kalau kita hanya mengandalkan normalisasi manual, selesainya pasti lama sementara puncak musim hujan akan terjadi bulan Februari," sebutnya. Dengan menggunakan alat berat ini, katanya, kegiatan normalisasi ditargetkan rampung sebelum pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2016 berlangsung mulai tanggal 5-10 Februari 2016.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Mataram H Mahmuddin Tura menambahkan, kegiatan normalisasi Kali Unus khususnya di kawasan Batu Ringgit ini akan dilakukan selama satu minggu. Mahmuddin mengatakan, tingginya sedimentasi yang terjadi di Kali Unus ini disebabkan beberapa faktor, diantaranya, Batu Ringgit menjadi daerah hilir paling ujung dan tidak ada akses masuk alat berat. "Selama ini, untuk melakukan normalisasi kami,mengalami kendala karena aksesnya harus melalui persawahan dan pinggir kali,"katanya.(Ant/OL-5)

Baca Juga

ANTARA/Bayu Pratama S

70% Kasus Positif Korona di Kalsel Terjadi di Lima Kabupaten/Kota

👤Denny S 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 23:10 WIB
Total kasus positif virus korona dari lima daerah dari 13 kabupaten/kota di Kalsel ini mencapai lebih 70 persen total kasus yang...
ANTARA/Abriawan Abhe

Disiplin Warga Sulsel Terapkan Protokol Kesehatan masih Rendah

👤Lina Herlina 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 23:10 WIB
Kunci mengatasi pandemi covid-19 adalah peran aktif masyarakat menerapkan protokol kesehatan. "Edukasi perlu dimassifkan," tukas...
ANTARA/ARDIANSYAH

Pancaroba, Warga Sumut Diimbau Waspadai DBD

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 20:35 WIB
 Jika covid-19 dan DBD menjangkiti seseorang secara bersamaan, akibatnya bisa sangat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya