Minggu 13 Oktober 2019, 22:20 WIB

Surya Paloh dan Prabowo Sepakati Tiga Hal

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Surya Paloh dan Prabowo Sepakati Tiga Hal

MI/ BARY FATHAHILAH
Kedua pemimpin parpol berkomitmen untuk memperbaiki citra partai politik dengan mengedapankan kepentingan nasional.

 

PERTEMUAN Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menghasilkan tiga kesepakatan. Surya Paloh mengatakan kesepakatan tersebut merupakan komitmen dan kesamaan persepsi kedua pimpinan partai terkait kemaslahatan bangsa.

"Antara Prabowo dengan saya memiliki satu pemikiran yang sama bahwa kepentingan bangsa harus diletakkan di atas kepentingan lain termasuk kepentingan kedua parpol," ucap Surya seusai menerima Prabowo di kediamannya di bilangan Permata Hijau, Jakarta Selatan, Minggu (13/10).

Kesepakatan pertama, kedua pemimpin parpol berkomitmen untuk memperbaiki citra partai politik dengan mengedepankan kepentingan nasional. Kedua partai sepakat menjadikan persatuan nasional sebagai orientasi perjuangan ke depan dan menjaga keutuhan bangsa.

Kedua, dua tokoh bangsa tersebut menyepakati komitmen untuk mencegah dan menangkal radikalisme di Indonesia. Kedua partai sepakat untuk tidak memberi ruang bagi paham apa pun yang dapat merongrong ideologi Pancasila.


Baca juga: Negara Harus Tegas terhadap Terorisme


Ketiga, terkait dengan amendemen UUD 1945, dua pimpinan parpol sepakat diperlukan kajian yang bersifat menyeluruh. Kajian komprehensif dibutuhkan mengenai kebutuhan pembangunan negara demi menjawab tantangan kekinian dan masa depan.

Prabowo mengatakan kesepakatan tersebut merupakan titik-titik persamaan kedua partai demi keutuhan bangsa.

"Kita tidak ingin negara kita pecah belah dan kita sepakat menjaga keutuhan dan persatuan nasional," pungkasnya.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 1,5 jam itu turut hadir dari NasDem antara lain Ketua Dewan Pertimbangan Siswono Yudo Husodo, Bendahara Umum Ahmad Ali, dan politikus Ahmad Sahroni. Dari Gerindra, ada dua Wakil Ketua Umum yakni Edhy Prabowo dan Sufmi Dasco Ahmad. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More