Minggu 13 Oktober 2019, 17:40 WIB

Gagal Finis, Verstappen Salahkan Leclerc Usai Insiden Senggolan

Antara | Olahraga
Gagal Finis, Verstappen Salahkan Leclerc Usai Insiden Senggolan

AFP/Mehri Behrouz
Insiden senggolan di awal lomba GP Jepang antara pembalap Red Bull Max Verstappen dan Charles Leclerc dari tim Ferrari.

PEMBALAP Red Bull Max Verstappen menyalahkan Charles Leclerc dari tim Ferrari setelah keduanya bersenggolan di awal balapan Grand Prix Jepang, di Sirkuit Suzuka, Minggu (13/10).

Verstappen tak mampu melanjutkan balapan setelah 15 putaran karena mengalami kerusakan parah di sisi kanan bagian lantai mobilnya.

Pembalap berusia 22 tahun asal Belanda itu pun mempertanyakan respons steward, pengawas balapan, setelah mereka tak akan melakukan tindakan namun kemudian memutuskan untuk memanggil kedua pebalap itu setelah lomba usai.

"Tiba-tiba di tikungan dua, Charles menabrak samping mobilku," kata Verstappen kepada Sky Sports seperti dilansir Reuters.

"Dari sisiku aku kira aku tak melakukan hal yang berbeda di sana.

"Hal yang aneh adalah mereka pada awalnya tak ingin melakukan investigasi, maksudku seluruh bagian mobilku hancur... Ada sejumlah lubang di samping mobil. Kemudia mereka mulai melakukan investigasi tapi di akhir lomba.

"Apa yang harus dia (Leclerc) perbuat untuk dapat penalti? Aku suka balapan keras, tapi aku kira ini bukan lah balapan seperti itu. Ini adalah mengemudi yang tak bertanggungjawab di Tikungan Dua."

Di saat Verstappen gagal melanjutkan lomba, Leclerc telah mengganti sayap depan mobilnya yang rusak dan finis keenam.


Baca juga: Bottas Juara GP Jepang, Mercedes Kunci Gelar Konstruktor


Verstappen juga mempertanyakan keputusan steward ketika Sebastian Vettel, yang start dari pole position, kedapatan melaju saat lampu merah belum mati sepenuhnya walau pun kemudian menghentikan mobilnya sebelum kemudian menjalani start yang buruk.

Vettel terbebas dari penalti karena ban mobilnya tak melewati garis sehingga tak menyulut sensor.

"Aku melihat rekaman ketika Seb start. Dia bergerak kemudian berhenti," kata Verstappen.

"Peraturan menyebutkan kalian tak boleh bergerak, dan itu tak masalah karena dia tak memperoleh keuntungan kata mereka. Aku benar-benar tak paham apa yang terjadi dengan peraturan hari ini."

Leclerc pun membela manuver dirinya.

"Tentunya aku mengalami understeer ketika berada di belakang Seb dan Lewis, dan kemudian kami bersenggolan. Aku tak tahu apa yang terjadi secara keseluruhan dari luar, dan ini harus dicermati," kata Leclerc.

Sebelumnya, Verstappen dan Leclerc pernah bersenggolan di GP Austria. Saat itu, Verstappen mobil Ferrari dari sisi dalam di tiga lap terakhir hingga ban mereka bersenggolan untuk mengambil alih pimpinan lomba dan kemudian finis pertama.

Steward tak menjatuhkan penalti kepada Verstappen dan menganggap kejadian itu murni insiden balapan. (OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More