Minggu 13 Oktober 2019, 08:10 WIB

Jalur Sepeda Fase Dua Mulai Diuji Coba

(Ins/Put/J-2) | Megapolitan
Jalur Sepeda Fase Dua Mulai Diuji Coba

MI/INSI JELITA
JALUR SEPEDA FASE DUA: Para pesepeda mencoba fase dua jalur khusus sepeda di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, kemarin.

 

Sesuai rencana, uji coba jalur sepeda fase dua diresmikan Sabtu, 12 Oktober. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyusuri jalur ini bersama Kepala Dinas Perhubungan DKI, Syafrin Liputo, Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadhibrata, dan puluhan pesepeda dari berbagai macam komunitas.

"Ini (dimulai) dari persimpangan Jalan Fatmawati dengan Jalan TB Simatupang. Dibangun jalur sepeda (fase II) sepanjang 23 kilometer. Kita akan berakhir di Dukuh Atas. Kita sekarang sedang membangun jalur-jalur khusus sepeda. Prioritas pembangunan jalur sepeda ini ke kawasan-kawasan yang di sana diterapkan kebijakan ganjil-genap," kata Anies di sekitar Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, Sabtu (12/10).

Upaya positif yang dicanangkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk menjadikan Jakarta ramah bersepeda didukung penuh oleh Transjakarta.

"Transjakarta memiliki dua rencana awal yang sedang dilakukan dalam rangka mendukung Jakarta Ramah Bersepeda, antara lain penempatan 10 lokasi parkir sepeda dekat halte dan desain sepeda besar yang dapat dibawa bersama bus," kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo.

Menurut Nadia, pihaknya sedang menyurvei 10 lokasi yang berhubungan dengan jalur sepeda fase 1, 2, dan 3 yang telah disiapkan marka jalur sepedanya.

Sementara itu, untuk penggemar sepeda besar, seperti sepeda gunung, Nadia menyebutkan Transjakarta sedang mempelajari berbagai desain. "Untuk memastikan penempatan rak sepeda di bus sehingga tidak menghalangi dan mengganggu pandangan pramudi sebab kita harus mengutamakan keselamatan pengendara lain dan warga yang sedang berada di jalan raya," paparnya.

Agar masyarakat mau bersepeda, kenyamanan bersepeda menjadi perhatian Anies, antara lain dengan menyediakan lahan parkir sepeda. "Tadi saat uji coba jalur sepeda, kita berhenti di stasiun-stasiun MRT. Sekarang stasiun-stasiun MRT di pintu masuk dan keluarnya akan disediakan parkir sepeda. Jadi, teman-teman yang menggunakan kendaraan umum bisa menggunakan sepeda. Akhir 2019, semua (stasiun MRT) harus memiliki tempat parkir sepeda yang cukup," kata Anies.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar menuturkan parkiran sepeda sudah ada di Stasiun Lebak Bulus, Cipete, dan Haji Nawi. "Kita berharap para pengguna sepeda bertanggung jawab dengan membawa kunci dan rantai sendiri. Gratis (parkir) kalau sepeda, kan. Program yang sedang dikembangkan oleh MRT itu kan program Jakarta," tandas William. (Ins/Put/J-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More