Minggu 13 Oktober 2019, 07:20 WIB

Peduli Museum Cermin sebagai Bangsa Beradab

(Rif/H-1) | Humaniora
Peduli Museum Cermin sebagai Bangsa Beradab

MI/PIUS ERLANGGA
Pengunjung berfoto bersama saat acara puncak peringatan Hari Museum Indonesia di Taman Fatahilah, Kota Tua, Jakarta, Sabtu (12/10/2019)

 

MEMPERINGATI Hari Museum Indonesia yang jatuh pada Sabtu, (12/10) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menggelar Puncak Peringatan Hari Museum Indonesia di kawasan Kota Tua Jakarta, kemarin.

Puncak Peringatan Hari Museum Indonesia ini merupakan bagian dari rangkaian Festival Museum Enjoy Jakarta. Kegiatan yang bertemakan Museum menyatukan Keberagaman dengan tagline Nyok Kite ke Museum, menghadirkan beragam kegiatan mulai pameran 61 museum dari seluruh Indonesia hingga panggung hiburan yang menyajikan berbagai macam tarian dan musik daerah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan museum merupakan simbol peradaban suatu bangsa yang harus dirawat. "Semakin kita peduli, semakin merawat, semakin meningkatkan kapasitas fungsi dari museum berarti bangsa itu juga akan makin tinggi tingkat peradabannya," kata Muhadjir di Jakarta.

Pada kesempatan itu, Muhadjir juga berpesan agar masyarakat peduli kepa-da museum-museum di seluruh Tanah Air. "Yang tak kalah penting adalah ra-mai-ramai mengunjungi agar museum itu tidak sepi," imbuhnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswe-dan yang berhalangan hadir pada kegiatan tersebut berpesan melalui keterangan resminya mengajak seluruh masyarakat, khususnya warga DKI Jakarta, untuk belajar sambil berekreasi ke museum. "Di Jakarta ada lebih dari 70 museum. Museum adalah tempat kita merasakan sebuah perjalanan waktu. Bisa dikatakan museum adalah waktu yang diubah menjadi ruang," ucap Anies.

Dia menambahkan, perjalanan ratusan hingga ribuan tahun lalu dapat ditemukan di museum. Jadi, cetus Anies, museum tidak hanya sebagai media belajar, tetapi juga dapat mendorong generasi bangsa untuk membuat sejarah baru.

Untuk diketahui, peringatan Hari Museum Indonesia merupakan bentuk eksistensi museum di tengah masyarakat. Hari Museum Indonesia diperingati setiap 12 Oktober berdasarkan diskusi para ahli permuseuman. Tanggal tersebut menjadi salah satu momen penting bagi permuseuman di Indonesia, yaitu ketika terselenggaranya Musyawarah Museum se-Indonesia pertama pada 1962 di Yogyakarta. (Rif/H-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More