Sabtu 12 Oktober 2019, 19:18 WIB

Surya Tanamkan Rasa Nasionalis ke Kader NasDem

M. Iqbal Al Machmudi | Politik dan Hukum
Surya Tanamkan Rasa Nasionalis ke Kader NasDem

ADAM DWI / MI
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh hadir dalam penutupan Sekolah Legislatif angkatan IV Partai NasDem.

 

KETUA Umum Partai NasDem Surya Paloh ingin tanamkan rasa nasionalisme yang tinggi terhadap setiap kader NasDem yang hadir dalam agenda kuliah umum dan sekolah legislatif di Akademi Bela Negara (ABN) Jakarta Selatan.

"Salah satu perjuangan Partai NasDem membangun kesadaran ini dan membangun semangat nasionalis kecintaan terhadap tanah air, ini salah satu perjuangan perubahan untuk gerakan merestorasi Indonesia," kata Surya di ABN, Jakarta Selatan, Sabtu (12/10).

Setiap sendi baik atau buruknya sebuah partai tergantung karakter dari kadernya. Sehingga, dengan tegas Surya ingin setiap kadernya memiliki sifat jujur dalam nurani setiap kader.

"Mau hebat partai ini tergantung kita, mau bagus partai ini tergantung kita, mau dihormati partai ini tergantung kita, dan kalau tidak mau semuanya juga tergantung kita, bukan oleh siapa-siapa," tegas Surya.

"Kita bisa membuat visi, misi, platform, dan gagasan partai yang sehebat-hebatnya bahkan kita bisa mendesain narasi-narasi pikiran itu dengan retorika yang hebat-hebat. Apalah arti semua itu, kalau kita tidak dapat menanamkan nurani, hati, Sukma yang terlebih kejujuran didalam hati kita," tambahnya.

Sehingga Partai NasDem berusaha sepenuhnya untuk memberikan suatu yang berarti bagi pengisian perjalan kehidupan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Menurutnya bangsa ini membutuhkan warga negara yang tahu arti terima kasih. Memahami arti keberadaan sebagai warga negara Indonesia, bukan sebaliknya.

"Lahir di bumi indonesia, meminum susu ibu Indonesia, menarik nafas dari Indonesia dan mengeluarkan nafas di negeri Indonesia hingga mendapatkan pendidikan dari Indonesia. Tapi tidak terikat sedikitpun emosi dirinya sebagai warga negara, Bangsa Indonesia," jelasnya.

Surya mengatakan untuk membicarakan visi dan misi panjang kedepan, setiap partai tidak cukup modal hanya ilmu pengetahuan maupun wawasan yang dimiliki.

"Ada satu hal yang terpenting yaitu akhlak, karakter yang memiliki komitmen. Bangsa ini membutuhkan komitmen bukan kepura-puraan. NasDem akan pastikan melawan hal tersebut. Tegas Surya.

Partai NasDem sendiri sejatinya bukan hanya membangun wawasan dan pengetahuan keilmuan, Partai NasDem juga turut andil membangun serta memperkuat karakter kadernya.

Dalam momen tersebut Surya juga mengingatkan kepada setiap kadernya untuk mengedepankan akhlak dan melaksanakan kewajiban sebagai wakil rakyat.

"Kita kita semua bermain-main dengan aturan diantara kita. Ditanya kita ingin menjadi anggota perwakilan rakyat darah, kabupaten, kota, provinsi hingga pusat," tandasnya.

"Oleh karena itu ada harus ingat bukan hanya hak-hak yang anda tagih, tapi ada kewajiban-kewajiban yang harus kalian tuntaskan sebagai wakil rakyat," tutupnya. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More