Sabtu 12 Oktober 2019, 09:20 WIB

Prasetyo Ingatkan soal Konsistensi Pelayanan Publik

Golda Eksa | Politik dan Hukum
Prasetyo Ingatkan soal Konsistensi Pelayanan Publik

MI/MOHAMAD IRFAN
Jaksa Agung HM Prasetyo menyerahkan tongkat pimpinan saat melantik 11 pejabat eselon II, termasuk 7 kepala kejaksaan tinggi.

 

SELURUH insan Korps Adhyaksa diingatkan untuk terus menjalankan komitmen selaku aparat penegak hukum. Jaksa harus membangun kesadaran dan konsistensi dalam merealisasikan janji bahwa negara akan selalu hadir untuk mengurus, melayani, melindungi, dan memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Hal itu dikemukakan Jaksa Agung HM Prasetyo di sela acara pelantikan, pengambilan sumpah, dan serah terima jabatan tujuh kepala kejaksaan tinggi dan 11 pejabat eselon II di kompleks Kejaksaan Agung, Jakarta, kemarin.

Dalam upaya memberikan pelayanan kepada pencari keadilan, sambungnya, jaksa tidak boleh membedakan suku, agama, dan golongan. Pelaksanaan tugas dan tanggung jawab penegakan hukum tetap menjunjung tinggi keadilan, kebenaran, dan kemanfaatan.

"Komitmen dan pernyataan dimaksud mengandung prasyarat bahwa negara harus kuat dan tidak lemah dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, termasuk penegakan hukum," tegas Prasetyo.

Selain itu, Prasetyo juga meminta jajarannya melakukan konsolidasi personel dan satuan kerja. Langkah itu diharapkan dapat menciptakan harmonisasi, sinergi, kesamaan paham, pandangan, termasuk melahirkan kesatuan pikiran, sikap, dan tindakan untuk mendorong akselerasi peningkatan kinerja dan pencapaian target yang di-rencanakan.

Jaksa Agung mengimbau seluruh anak buahnya agar senantiasa melakukan monitoring dan evaluasi kinerja secara berkala. Langkah itu meliputi kebijakan yang sudah dan sedang dilakukan, mencegah terjadinya kegagalan dan menghindari kemungkinan terulangnya peristiwa negatif di masa lalu.

"Selayaknya kita belajar mengetahui berbagai kekurangan, kelemahan, dan kesalahan yang pernah terjadi. Selanjutnya, memperbaiki dan mengembangkan kapasitas organisasi agar menjadi lebih baik," kata dia.

Prasetyo membeberkan bahwa 3 dari 18 pejabat yang dilantik merupakan perempuan. Promosi terhadap ketiga perempuan itu membuktikan komitmen bahwa kejaksaan tetap memperhatikan kesetaraan gender.

Ketiganya ialah Kajati Lampung Diah Srikanti, Kepala Pusat Pemulihan Aset pada Jaksa Agung Muda Pembinaan Agnes Triana, dan Kepala Biro Kepegawaian pada JAM Pembinaan Katarina Endang Sarwestri. (Gol/P-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More