Sabtu 12 Oktober 2019, 08:37 WIB

Tiongkok dan India Sepakat Perangi Radikalisasi

Basuki Eka Purnama | Internasional
Tiongkok dan India Sepakat Perangi Radikalisasi

AFP/Handout/PIB
Presiden Tiongkok Xi Jinping (kiri) berjabat tangan dengan Perdana Menteri India Narendra Modi

 

PRESIDEN Tiongkok Xi Jinping dan Perdana Menteri India Narenda Modi, dalam sebuah pertemuan informal, berjanji akan bekerja sama memerangi radikalisasi. Hal itu dikatakan India, Jumat (11/11), setelah kedua negara itu saling kecam terkait Kashmir

Pertemuan informal itu digelar untuk memperbaiki hubungan setelah India membuat marah Tiongkjok dengan memisahkan Jammu dan Kashmir pada Agustus lalu. Pasalnya, langkah itu membuat kawasan Ladakh, yang sebagian adalah milik Tiongkok, kini berada di dua kawasan administrasi berbeda di India.

Sebaliknya, Tiongkok menyinggung India setelah menyetakan dukungannya kepada Pakistan, negara tetangga India yang menguasai mayoritas wilayah Kashmir.

Baca juga: KTT India-Tiongkok Akan Segera Dilangsungkan

Menurut Menteri Luar Negeri India Vijay Gokhale, kedua pemimpin negara sepakat mereka menghadapi tantangan yang sama.

"Kedua pemimpin mengatakan wilayah mereka sangat luas dan bahwa radikalisasi adalah masalah yang mengkhawatirkan bagi kedua negara. Kedua negara akan bekerja sama untuk memastikan radikalisasi dan terorisme tidak akan memengaruhi komunitas kedua negara yang multibudaya, multietnik, dan multiagama," ujarnya. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More