Sabtu 12 Oktober 2019, 08:10 WIB

Dari Hadiah Tas Rajut hingga Salam dari Ketua RT

Akmal Fauzi | Politik dan Hukum
Dari Hadiah Tas Rajut hingga Salam dari Ketua RT

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo berjalan bersama anak-anak perwakilan siswa SD di Jayapura dan Asmat, Papua, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2

 

SEBANYAK 30 anak sekolah dasar dari Papua memenuhi beranda belakang Istana Merdeka, Jakarta, kemarin. Mereka kompak menggunakan kaus merah dan topi rumbai.

Secara khusus, siswa dari SD Negeri Inpres Kemiri, SD Negeri Inpres Mbait, dan SD YPPK Agats, itu diundang Presiden Joko Widodo untuk memenuhi janjinya mengajak anak-anak Papua itu mengunjungi Ibu Kota negara.

Janji itu disampaikan Jokowi ketika bertemu mereka saat meninjau banjir di Sentani, Jayapura, pada Maret lalu. Saat itu Presiden menanyakan keinginan generasi penerus bangsa itu. Selain ingin sekolah dibangun kembali pascabanjir, mereka menjawab ingin datang ke Jakarta.

"Yang penting, satu janjinya Pak Presiden sudah ditepati," kata Jokowi saat berinteraksi dengan anak-anak Papua itu.

Presiden kemudian bertanya ingin kemana lagi mereka setelah dari Istana.

Ada yang menjawab ingin ke Monas, naik MRT, stadion GBK, hingga Dufan.

Jokowi kemudian memastikan bahwa seluruh permintaan anak-anak itu akan dipenuhi. Mereka akan diajak jalan-jalan keliling Jakarta didampingi staf Istana.

Di hadapan Kepala Negara, anak-anak Papua tersebut kemudian menunjukkan kebolehannya bernyanyi. Ada juga di antara mereka yang secara berkelompok menari.

Selain itu, mereka juga memberikan kenang-kenangan kepada Presiden Jokowi, yakni topi rumbai, tas rajut bertuliskan 'Jokowi Presidenku', dan sebuah cendera mata khas Asmat.

Siswa bernama Fernando Enrico Suebu kemudian menyampaikan terima kasihnya kepada Presiden Jokowi.

Selain karena sekolah mereka telah diperbaiki, ia juga senang bisa mendapatkan kesempatan berkunjung ke Jakarta.

"Pak Presiden, saya ingin menyampaikan sesuatu. Atas nama keluarga besar SD Inpres Kemiri, kami berterima kasih karena Pak Presiden sudah mengundang kami ke Jakarta. Sekarang kami bisa tiba dan melihat Jakarta," kata Fernando.

Seorang siswa lainnya menyampaikan titip salam dari ketua rukun tetangganya (RT). "Pak RT titip salam? Oo, iya. Salam kembali ke Pak RT, ya," balas Jokowi.

Di akhir acara, Presiden Jokowi memberikan sebuah kejutan kepada salah satu siswa yang ulang tahun pada hari itu, yaitu Solideo Fernandus. Selain mengucapkan selamat, Presiden Jokowi juga memberikan hadiah berupa foto.

"Hari ini, katanya, ada Solideo Fernandus. Ada yang ulang tahun, ya? Ini saya beri foto. Selamat ulang tahun yang ke-13, Solideo Fernandus. Belajar yang baik," kata Jokowi. (Akmal Fauzi/X-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More