Sabtu 12 Oktober 2019, 00:10 WIB

Belgia Jadi yang Pertama

Despian Nurhidayat | Sepak Bola
Belgia Jadi yang Pertama

AFP
Pemain Belgia Romelu Lukaku merayakan kemenangan tim nya atas San Marino dan lolos ke Piala Eropa 2020

 

SATU tiket putaran final Euro 2020 telah resmi menjadi milik Belgia. Tim berjuluk 'Setan Merah' itu menjadi tim pertama yang lolos setelah menuai poin maksimal dalam lanjutan penyisihan Grup I kemarin dini hari.

Menghadapi tim lemah San Marino di Stadion King Baudouin, Belgia menang telak 9-0. Belgia yang ditangani Roberto Martinez saat ini memuncaki klasemen Grup I dengan poin 21 dari tujuh laga. Walau gagal menambah poin di tiga laga tersisa, Belgia dipastikan tidak akan terlempar dari posisi dua Grup I.

"Terlepas dari kualitas lawan, kami telah memperlihatkan kualitas dan kekuatan. Kami telah lolos tetapi ingin mengakhiri kualifikasi dengan rekor sempurna," jelas striker Belgia, Romelu Lukaku.

Sembilan gol Belgia ke gawang San Marino disumbang Lukaku (28', 41'), Nacer Chadli (31'), Cristian Brolli (35'-bunuh diri), Toby Alderweireld (43'), Youri Tielemans (45'), Christian Benteke (79'), Tani Verschaeren (84'-penalti), dan Timoty Castagne (90'). Sebelumnya, Belgia juga pernah menang dengan margin sembilan gol saat menundukkan Zambia 9-0 pada 1994, San Marino 10-1 pada 2001, dan Gibraltar 9-0 pada 2017.

"Menang 9-0 merupakan hasil yang bagus. Namun, kami lebih senang jika bisa menambah satu gol lagi untuk mencetak rekor kemenangan terbesar sepanjang masa," jelas Lukaku.

Menjadi negara pertama yang lolos ke putaran final menempatkan Belgia yang kini menduduki rangking satu dunia sebagai favorit merebut juara. Namun, Martinez tidak mau besar kepala dan mengatakan bahwa semua negara memiliki kans yang sama untuk meraih juara.

"Di mata saya, ada sembilan negara yang memiliki kans yang sama untuk memenangi Euro 2020 nanti. Apa yang akan membedakan negara-negara tersebut ialah bagaimana cara mereka untuk menghadapi kesulitan. Maka dari itu, sangat penting bagi para pemain untuk mengorbankan diri demi rekan satu tim," ungkap Martinez.

 

Peluang Italia dan Spanyol

Di sisi lain, Italia akan mengikuti jejak Belgia jika mampu menang atas Yunani di Stadion Olimpico dini hari nanti dalam lanjutan penyisihan Grup J. Seperti Belgia, tiga poin dari Yunani membuat Italia, yang kini memiliki poin 18 dari enam laga, tidak akan terlempar dari posisi dua.

Peluang Italia meraih kemenangan atas Yunani terbuka lebar. Selain bermain di kandang, Italia yang ditangani Roberto Mancini menunjukkan permainan menyerang yang tajam. Dari enam laga, pasukan Azzuri telah mengoleksi 18 gol dan baru kemasukan tiga gol.

Selain Italia, satu tim lain yang akan memastikan lolos setelah melakoni tujuh laga ialah Spanyol. Di Grup F, Spanyol kini memimpin dengan poin 18 dari enam laga.

Di laga ketujuh, Tim Matador akan ditantang Norwegia. Jika mampu meraih poin maksimal dan di laga lain Swedia maupun Rumania gagal meraih kemenangan, Sergio Ramos dan kawan-kawan dipastikan akan lolos ke putaran final.

"Kami belum mendapatakan apa pun. Kami ingin menjadi nomor satu di grup dan meraih 30 poin," tegas Ramos. (AFP/R-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More