Jumat 11 Oktober 2019, 14:08 WIB

BMKG: Juli Bulan Terpanas Dalam 100 Tahun Terakhir

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
BMKG: Juli Bulan Terpanas Dalam 100 Tahun Terakhir

MI/Rendy Ferdiansyah
Kepala BMKG Dwikorita bersama Kepala BNPB Doni Monardo saat menghadiri pameran Pengurangan Resiko Bencana di Pangkalpinang, Jumat (11/10).

 

BERDASARKAN riset dan pengukuran data 100 tahun oleh Kumpulan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) seluruh dunia, menunjukkan bahwa Juli merupakan bulan terpanas dalam 100 tahun terakhir. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyatakan hal itu saat menghadiri menghadiri pembukaan pameran dalam memperingati Pengurangan Resiko Bencana (PRB) 2019 di Alun-Alun Taman Merdeka, Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung (Babel), Jumat (11/10).

"Itu global tidak hanya di Indonesia, tapi di Eropa, Afrika dan Amerika. Hal ini menunjukan bahwa dampak perubahan iklim global sudah semakin nyata. Dan intensitasnya semakin menguat akibat dari polusi gas-gas rumah kaca," kata Dwikorita.

Ia menyebutkan data BMKG dari Juli sampai saat ini, suhu udara di sebagian besar wilayah Indonesia di atas 30 derajat.

"Di Jakarta saja 34 derajat. Ada juga yang sampai 36 derajat," tambahnya.

Tahun lalu, menurutnya suhu udara tidak separah saat ini. Semakin panas suhu udara maka awan pun akan semakin berkurang sehingga pancaran matahari langsung ke permukaan bumi.

"Biasanya ada tabir awan, sehingga pancaran matahari tidak langsung," ungkap dia.

"Sebetulnya itu sudah diprediksi. Presiden sudah minta jajaran pusat dan daerah bekerja sama menyiapkan sejak Juli secara alamiah musim kemarau tahun ini lebih panjang dan juga lebih kering," terangnya.

Namun demikian suhu panas itu bukan karena El Nino, melainkan pengaruh global dari Samudra Hindia.

"Laut di Indonesia lebih dingin sehingga evaporasi pembentukan awan semakin berkurang. Itu membuat matahari langsung ke Bumi. Presiden sudah menyiapkan seluruh jajaran untuk menyiapkan dampak kekeringan. Tapi di daerah juga terjadi karhutla," kata Dwikorita.

baca juga: Gubernur Kalsel Minta Kabupaten/Kota Miliki Peta Rawan Bencana

Pada kesempatan sama Kepala BNPB Doni Monardo menambahkan untuk mengurangi pemanasan global, maka masyarakat harus menjaga hutan agar bisa mengurangi udara panas di Bumi. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More