Jumat 11 Oktober 2019, 13:49 WIB

Mayjen TNI (Purn) Saiful Sulun Jadi Ketua Umum DPP LVRI

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Mayjen TNI (Purn) Saiful Sulun Jadi Ketua Umum DPP LVRI

MI/Susanto
Letjen TNI (Purn) Rais Abin (kanan) memberi estafet jabatan Ketua Umum DPP LVRI kepada Mayjen TNI (Purn) Saiful Sulun.

 

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) menerima Dewan Pimpinan Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia (DPP LVRI). Presiden yang didampingi Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (10/10).

Dalam pertemuan Presiden Jokowi dengan para veteran itu, Mensos mengatakan Ketua Umum DPP LVRI Letjen TNI Purn Rais Abin menyampaikan pihaknya akan mengadakan musyawarah kerja nasional yang digelar hari ini dan akan dilakukan peralihan kepemimpinan.

"Akan dikukuhkan di Mukernas yang akan dilaksanakan hari ini (Kamis/10/10). Itu karena biar bagaimana pun, kepentingan dari itu berdasarkan kepres dari bapak presiden. Alhamdullilah bapak presiden menyetujui memberikan approval," kata Agus.

Sementara itu, Dalam Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Legiun Veteran Republik Indonesia  di Jakarta, pada 9-11 Oktober 2019, Mayjen TNI (Purn) Saiful Sulun dipilih menjadi Ketua Umum DPP LVRI periode 2019 - 2022.

Serah terima jabatahn disaksikan para sesepuh LVRI, yang juga Wakil Presiden ke-6 RI Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno,  dan Panglima TNI Laksamana TNI Hadi Tjahjanto.

Saiful menerima estafet kepemimpinan dari Ketua Umum LVRI Letjen TNI (Purn) Rais Abin yang sudah mengemban jabatan tersebut sejak 2007. Mantan Panglima Perdamaian PBB di Timur Tengah itu dipercaya Menjadi Ketua Umum DPP LVRI hingga tiga periode dan mestinya akan berakhir pada 2022.

Pada 2017, Rais Abin,93, tatkala menerima keputusan meneruskan jabatan sebagai Ketua Umum DPP LVRI sebenarnya berniat mundur. Namun dua calon penggantinya, Letjen TNI (Purn) Ari Sudewo dan Mayjen TNI (Purn) Sukotjo Tjokroarmodjo, meninggal dunia sebelum Konggres LVRI.

Jika Rais Abin dari generasi veteran pejuang Kemerdekaan, penerusnya Saiful Sulun, 82, dari generasi pembela. Hal tersebut ditandai kepemimpinam baru mengingat generasi pejuang kemerdekaan sudah sepuh dan tak banyak lagi.

Saiful yang pernah menjadi Wakil Ketua MPR menyatakan kesediannya menerima estafet kepemimpinan dari Rais Abin. Namun ia meminta agar Rais Abin tetap berada di LVRI sampai kapanpun.

"Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Semoga dapat melaksanakan amanah dengan baik demi kemajuan dan kesinambunganLVRI," ucap Saiful Sulun.

Saiful yang mantan Pangdam Brawijaya kelahiran Medan 6 Januari 1937 ini menegaskan akan berupaya dan bertekad menjalankan tanggung jawab sesuai visi misi serta kode kehormatan Panca Marga LVRI. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More