Jumat 11 Oktober 2019, 13:30 WIB

Inggris dan Irlandia Lihat Ada Jalan Menuju Kesepakatan Brexit

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Inggris dan Irlandia Lihat Ada Jalan Menuju Kesepakatan Brexit

AFP/Noel Mullen
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson (kanan) berjabat tangan dengan PM Irlandia Leo Varadkar.

 

PERDANA Menteri Boris Johnson dan mitranya dari Irlandia, Leo Varadkar, setuju mereka melihat jalan menuju kemungkinan kesepakatan Brexit setelah melakukan pembicaraan. Hal itu diungkapkan Downing Street.

Para pemimpin berbicara selama lebih dari dua jam, termasuk diskusi dua mata selama berjalan-jalan di halaman Thornton Manor di Inggris barat laut.

Varadkar mengatakan pertemuan positif pada Kamis (10/10) itu cukup untuk memungkinkan perundingan dilanjutkan di Brussels, markas Uni Eropa.

"Saya melakukan pertemuan yang sangat baik dengan perdana menteri. Sangat positif dan sangat menjanjikan," kata Varadkar. "Saya melihat jalan menuju kesepakatan dalam beberapa minggu mendatang."

"Saya pikir mungkin bagi kita untuk mencapai kesepakatan, untuk memiliki perjanjian yang disepakati, untuk memungkinkan Inggris meninggalkan Uni Eropa secara teratur dan melakukan itu pada akhir Oktober, tetapi ada banyak hal yang tidak dalam kendali saya," imbuhnya.

Baca juga: Negosiasi Kembali Krusial, Irlandia Bersiap dengan No-deal Brexit

Menteri Inggris yang juga politikus Partai Konservatif, Michael Gove, mengatakan pembicaraan antara Johnson dan Varadkar berlangsung tulus dan konstruktif dan kemajuan baik telah dibuat.

Namun, Menteri Luar Negeri Irlandia Simon Coveney mengatakan masih ada beberapa hal yang perlu dibereskan sebelum Inggris dan Uni Eropa mencapai kesepakatan.

Sementara itu, Menteri Brexit dari Inggris, Stephen Barclay, dijadwalkan bertemu Michel Barnier dari Uni Eropa pada Jumat (11/10).

Sebelumnya, Rabu (9/10), para pemimpin Uni Eropa menuduh Inggris mengusulkan ide-ide yang belum diuji, menekankan kemajuan atau terobosan Brexit sangat terbatas.

KTT Uni Eropa yang genting minggu depan pada 17 dan 18 Oktober dipandang sebagai kesempatan terakhir bagi Inggris dan Uni Eropa untuk menyetujui kesepakatan sebelum tenggat waktu 31 Oktober.

KTT Uni Eropa yang genting minggu depan pada 17 dan 18 Oktober dipandang sebagai kesempatan terakhir bagi Inggris dan Uni Eropa untuk menyetujui kesepakatan sebelum tenggat waktu 31 Oktober. (BBC/Euronews/OL-2)

Baca Juga

AFP

Warga Singapura Bersiap Berikan Suara Mereka

👤MI 🕔Jumat 10 Juli 2020, 00:55 WIB
SEKITAR 1.100 tempat pemungutan suara disiapkan di berbagai tempat di Singapura untuk 2,65 juta warga yang akan memberikan...
AFP

Penduduk Melbourne Dikarantina 6 Minggu

👤MI 🕔Jumat 10 Juli 2020, 00:35 WIB
SEKITAR 5 juta warga Melbourne, kota terbesar kedua di Australia, kemarin mulai menjalani karantina atau penutupan wilayah...
AFP

Kasus Covid di Amerika Serikat Capai 3 Juta

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 10 Juli 2020, 00:10 WIB
JUMLAH kasus positif covid-19 di Amerika Serikat kemarin kembali bertambah menjadi 3 juta...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya