Jumat 11 Oktober 2019, 08:42 WIB

Lombok Akan Dibanjiri Wisatawan Sambut MotoGP 2021

Yusuf Riaman | Nusantara
Lombok Akan Dibanjiri Wisatawan Sambut MotoGP 2021

MI/Yusuf Riaman
Menteri Pariwisata Arief Yahya (bertopi putih) saat meninjau pembangunan sirkut MotoGP di KEK Mandalika, Lombok, Kamis (10/10) sore.

 

SEBANYAK 100 ribu wisatawan diperkirakan akan mendatangi Lombok seiring acara MotoGP 2021 yang akan digelar di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat yang saat ini sedang dibangun.

"Indonesia merupakan salah satu pengguna motor terbesar di dunia. Dengan kata lain, penggemar MotoGP di domestik sangat besar, dan di dunia juga sangat besar. Diharapkan MotoGP menjadi daya tarik utama KEK Mandalika," kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya, saat meninjau progress pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika Kamis (10/10) sore.
           
Menteri meninjau langsung seluruh lintasan sirkuit, sembari mendapatkan penjelasan dari Abdulbar M. Mansoer, Direktur Utama Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC), terkait konstruksi bangunan. Arief Yahya memperoleh penjelasan progres pembangunan sirkuit sudah mencapai sekitar 10%, dan siap untuk pelaksanaan event MotoGP 2021.

"Ini kita punya pertama kali. Dan kalau ada berita yang mengatakan tidak menguntungkan, maka saya harus melakukan klarifikasi. Karena tidak ada referensi yang mengatakan MotoGP di seluruh dunia itu tidak menguntungkan," tandas Arief.

Event ini sebut Arief akan berdampak pesat terhadap perkembangan pariwisata di Indonesia, terlebih penjualan tiket untuk event MotoGP ini juga sudah bisa didapatkan mulai November mendatang. Dirut ITDC, Abdulbar M Mansoer mengatakan, November 2019 akan di luncurkan penjualan tiket awal MotoGP sebanya 20 ribu tiket. Namun tidak dijelaskan berapa harga per tiket.

"Akhir November akan ada penjualan tiket awal antara 10 ribu hingga 20 ribu. Kita lihat animo masyarakat nanti," katanya.
            
Abdulbar menambahkan saat ini progres pembangunan keseluruhan sirkuit MotoGP baru 10% dengan progres ground work mencapai 30%.  Dalam sirkuit juga akan dibangun sekitar tiga terowongan. Hal itu dilakukan agar nantinya wisatawan bisa masuk di area tengah sirkuit.  Mengingat  konsep sirkuit ini bukan tertutup, dan menjadi satu-satunya di dunia yang telah mendapatkan izin ketika tidak digunakan balapan, maka bisa digunakan untuk kegiatan wisata yang lain.
            
"Jadi ada akses untuk menuju kawasan di tengah sirkuit, karena di lokasi juga akan kita buatkan destinasi wisata. Seperti tempat berkemah dan pariwisata lainnya. Jadi ada akses untuk menuju ke tengah, supaya tidak mengganggu balapan," ungkap Abdulbar.

baca juga: Gempa Kembali Guncang Ambon, 1 Orang Tewas

Pada Desember nanti, akan mulai pengaspalan untuk lintasan, dan akhir 2020 sudah selesai, serta akan segera diuji coba.  Sirkuit MotoGP Mandalika dibangun dengan konsep sirkuit jalan raya memiliki trek sepanjang 4,32 km dengan 18 tikungan. Lokasi sirkuit menarik karena dibangun dalam kawasan KEK Mandaika yakni, kawasan wisata yang sangat indah menjadi salah satu di antara 10 Bali Baru (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More