Jumat 11 Oktober 2019, 08:01 WIB

RS Undata Jadi Rumah Sakit Rujukan Pertama di Sulteng

Mitha Meinansi | Nusantara
RS Undata Jadi Rumah Sakit Rujukan Pertama di Sulteng

MI/Mitha Meinansi
RS Undata resmi menjadi rumah sakit rujukan pertama di Sulawesi Tengah

 

MENTERI Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek meresmikan gedung Undata Medical Center yang berada di Rumah Sakit Undata Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), Kamis (10/10). Gedung Undata Medical Center ini menjadi sarana untuk operasi penyakit jantung. Menkes berharap, dengan adanya gedung berlantai empat dan berbagai macam fasilitas kesehatan itu, dapat meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas di Provinsi Sulawesi Tengah. Menurut Menkes, salah satu pilar utama untuk membangun Indonesia sehat, adalah dengan melakukan penguatan pelayanan kesehatan.

"Kita harus melakukan bagaimana meningkatkan akses pelayanan kesehatan, serta mengoptimalisasikan sistem rujukan mutu pelayanan kesehatan," ujar Nila Djuwita.

Menurutnya, rumah sakit bukan hanya sekedar fasilitas, tetapi juga harus ditunjang kedisiplinan.

"Memang Rumah sakit ini adalah salah satu fasilitas, tapi kita harus ingat ini adalah multi disiplin," ujarnya.

Ia mengingatkan, walaupun memiliki sumber daya manusia (SDM) yang memadai di setiap Rumah Sakit, tetapi jika tidak ditunjang dengan fasilitas, sarana dan prasana, termasuk peralatan kesehatan atau teknologi kedokteran, dapat menghambat pemberian pelayanan kesehatan. Usai melakukan peresmian gedung, Menkes meninjau Puskesmas Bulili di Kelurahan Birobuli Selatan,

baca juga: Gempa Susulan di Maluku Capai 1.316 Kali

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Rusli Dg Palabi menyampaikan bahwa Rumah Sakit Undata Palu, saat ini sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan sebagai rumah sakit rujukan pertama di  Sulteng. Menurut Wagub, Pemda Sulteng akan berupaya melakukan pemenuhan sarana dan prasana, dalam menunjang pelayanan di RSUD Undata, dengan ditetapkannya status rumah sakit rujukan. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More