Jumat 11 Oktober 2019, 07:40 WIB

Jebol Gawang San Marino 9 Kali, Belgia Lolos ke Piala Eropa 2020

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Jebol Gawang San Marino 9 Kali, Belgia Lolos ke Piala Eropa 2020

AFP/BRUNO FAHY/BELGA
Romelu Lukaku (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang San Marino

 

BELGIA menjadi tim pertama yang melaju ke Piala Eropa 2020 setelah Romelu Lukaku mencetak dua gol saat De Rode Duivels menang telak 9-0 atas San Marino di Brusseles, Jumat (11/10) dini hari WIB.

Lukaku membuat torehan golnya untuk timnas Belgia menjadi 50 gol saat tim besutan Roberto Martinez itu memastikan diri memuncaki klasemen Grup I dengan keunggulan 11 poin dari peringkat ketiga Siprus saat kompetisi tinggal menyisakan tiga laga lagi.

"Pendekatan kami untuk laga mendatang akan tetap saya. Kami memiliki kewajiban mempertahankan standar kami," tegas Martinez. "Kami harus memastikan menjadi juara grup."

Tim peringkat satu dunia itu memastikan diri melaju ke Piala Eropa tahun depan yang akan dimainkan di 12 venue di berbagai penjuru Eropa setelah membukukan tujuh kemenangan beruntun.

Baca juga: Mantan Penjaga Pantai Cetak Gol, Wales Imbangi Slovakia

Rusia tampaknya akan mendapatkan jatah kedua dari Grup I setelah menang 4-0 atas Skotlandia yang membuat mereka unggul delapan poin dari Siprus.

Belgia akan menjadi salah satu tim favorit menjadi juara Piala Eropa 2020 yang akan mulai bergulir pada 12 Juni tahun depan.

"Menurut saya, sembilan negara berpeluang menjadi juara di Piala Eropa. Apa yang akan menjadi pembeda adalah bagaimana Anda menghadapi tekanan," tegas Martinez.

Kemenangan telak atas San Marino di Stadion King Badouin itu menyamai rekor kemenangan terbesar Belgia kala mereka mengalahkan Zambia dan Gibraltar 9-0 pada 1994 dan 2017 serta menang 10-1 atas San Marino pada 2001.

Belgia harus menunggu hingga menit ke-28 sebelum berhasil menjebol pertahanan San Marino. Gol itu dicetak Lukaku yang menerima umpan matang gelandang Leicester City Youri Tielemans.

Sejak gol itu, pertahanan San Marino bak runtuh. Nacer Chadli mencetak gol tiga menit kemudian sebelum bek San Marino Cristian Brolli melakukan gol bunuh diri, 10 menit sebelum jeda.

Lukaku kemudian mencetak gol keduanya pada menit 41 sebelum Toby Alderweireld dan Tielemans membuat kedudukan menjadi 6-0 pada menit 43 dan 45.

Pemain pengganti Chrisitan Benteke membuat kedudukan menjadi 7-0 saat laga menyisakan 11 menit.

Pemain muda Yari Verschaeren, 18, mencetak gol pertamanya untuk timnas Belgia dari titik penalti pada menit 84 sebelum bek Atalanta Timothy Castagne membuat skor menjadi 9-0 pada menit 90. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More