Jumat 11 Oktober 2019, 01:20 WIB

Ray Sahetapy Eksplorasi Konsep Khatulistiwa

MI | Hiburan
Ray Sahetapy Eksplorasi Konsep Khatulistiwa

MI/Ramdani
Aktor Ray Sahetapy

 

AKTOR Ray Sahetapy, 62, dikenal aktif dalam berbagai diskusi dan seminar kebudayaan. Baru-baru ini, seniman lulusan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) mengutarakan pandangannya tentang nusantara dan khatulistiwa yang seyogianya menjadi landasan kebudayaan bangsa.

"Selama ini mungkin kita sering berbicara mengenai gagasan kebudayaan dari mana saja dan bahkan dari mancanegara. Tetapi, gagasan yang sudah nusantara dan khatulistiwa siapa yang tahu? Ini yang menjadi persoalan bangsa kita hari ini," ujar Ray kepada Media Indonesia, di The Tribrata, Kebayoran Baru, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Ray, gagasan dan landasan tentang kebudayaan sangat penting bagi sebuah bangsa agar setiap orang dari luar tahu bagaimana jati diri yang dimilikinya. Maka itu pula, lanjut Ray, sudah saatnya insan perfilman di Indonesia menjadi bagian utama dalam mengeksplorasi kultur dan landasan berpikir tentang khatulistiwa dan nusantara hingga kemudian diangkat menjadi sebuah karya.

"Membongkar dimensi dan ruang yang ada di balik garis khatulistiwa akan membuat manusia Indonesia berdiri dan berjalan tegak di hadapan bangsa lainnya yang tersebar di seluruh dunia," tegas Ray yang pernah menjadi ketua Parfi. (*/H-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More